OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00663
Judul : Hubungan Antara Supervisi Pengawas dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala TK dengan Disiplin Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kebayoran Baru
Pengarang : Arifannisa
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana
Subjek : Efektivitas Kepemimpinan
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00663 T092-00663 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67710
 Abstrak
Arifannisa, Hubungan Antara Supervisi Pengawas dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala TK dengan Disiplin Kerja Guru Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kebayoran Baru. Tesis, Program studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA, November 2014 Tesis ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara supervisi pengawas dengan efektivitas kepemimpinan kepala TK dengan disiplin kerja guru Taman Kanakkanak Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 30 Taman Kanak- Kanak di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan untuk mengetahui supervisi pengawas, efektivitas kepemimpinan kepala TK dan disiplin kerja guru. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hipotesis pertama dalam penelitian ini telah teruji kebenarannya dan dinyatakan dapat diterima, yaitu hasil uji hipotesis pertama dilakukan dengan uji t menunjukkan hasil bahwa thitung sebesar 9.78 dan nilai t tabel sebesar 1.99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan persamaan regresi Y􀷡 = 127.13+ 0.0195X􀬵 hasil perhitungan korelasi positif sebesar 56.10%, dengan ry1 = 0.719, ry1 2 = 0.5610 dan ry1.2 = 0.450. Hipotesis kedua dalam penelitian ini telah teruji kebenarannya dan dinyatakan dapat diterima, yaitu bahwa efektivitas kepemimpinan kepala TK yang dilakukan dengan uji t menunjukkan hasil bahwa t hitung sebesar 2.81 dan nilai t tabel sebesar 1.99, dengan nilai sig sebesar 0.000, Karena t hitung 2.81 > t tabel 1.99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan persamaan regresi Y􀷡 = 116.16+ 0.0716 X􀬶 hasil perhitungan korelasi positif sebesar 56.10%, dengan ry2 = 0.742, ry2 2 = 0.5506 dan ry2.1 = 0.950. Hipotesis ketiga dalam penelitian ini telah teruji kebenarannya dan dinyatakan dapat diterima, yaitu bahwa hubungan supervisi pengawas, efektivitas kepemimpinan kepala TK dengan disiplin kerja guru yang dilakukan dengan uji F menunjukkan hasil bahwa Fhitung sebesar 48.50 dan nilai Ftabel sebesar 3.09, dengan persamaan regresi Y􀷡 = 129.4 + 12.26 X1 + 27.04 X2 dengan R2y.12 = 0.098 dan Ry.12 = 0.313. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis berdasarkan uji F variabel supervisi pengawas dan efektivitas kepemimpinan kepala TK berhubungan secara signifikan dengan disiplin kerja guru. Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi yaitu supervisi pengawas mempunyai peran sangat penting dalam lingkungan sekolah, dengan kegiatan supervisi dari pengawas untuk guru maka belajar mengajar akan terarah. Efektivitas kepemimpinan kepala TK dengan upaya melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala TK, administrator, pemimpin, inovator dan motivator. Hasil penelitian ini merupakan bukti ilmiah yang kiranya dapat menjadi pertimbangan pengawas, seluruh kepala TK di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan dan para guru, bahwa supervisi pengawas, efektivitas kepemimpinan kepala TK di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan saat ini untuk tetap dipertahankan atau ditingkatkan guna melahirkan disiplin kerja guru.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox