Abstrak
Nurhalimah (0709015022), Perbedaan Kemampuan Mengingat Materi Pelajaran IPS berdsarkan Metode Menonton Film dengan Metode Ceramah pada siswa kelas 5 MI. Riayatul Athfaal-Depok. Dari fakultas psikologi. Universitas Prof. Dr. Hamka Jakarta Selatan.
IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial dimasyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan serta terpadu (Sardjiyo,
2011:132). Dalam kurikulum 2006 pada jenjang SD/MI Melalui mata pelajaran IPS, peserta
didik disiapkan dan diarahkan agar mampu menjadi warga negara Indonesia yang demokratis,
dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
MI Riayatul Athfal-Depok adalah sekolah yg belum tersentuh oleh metode belajar yang
moderen. Tujuan penelitian ini untuk meliat perbedaan kemampuan mengingat berdasarkan
metode menonton film dengan metode ceramah. Variabel bebas adalah Metode Pembelajaran
Menonton Film dan Metode Ceramah, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan
mengingat pada pelajaran IPS. Hipotesis yang diajukan adalah ?kemampuan mengingat
materi pelajaran IPS berdasarkan Metode Menonton Film lebih besar dibanding dengan
Metode Ceramah?. Subyek penelitian ini adalah siswa pada kelas 5a dan 5b masing-masing
kelas 30 orang sehingga total 60 siswa. Untuk penentuan kelompok menonton film dan
kelompok ceramah dengan cara pengundian kelas. Pengumpulan data kemampuan mengingat
menggunakan 20 item pilihan ganda metode performa maksima kesukaran sedang. Uji coba
alat ukur yang mempunyai keriteria yang sama yaitu sama-sama MI dan kelas 5.
Analisis data menggunakan Uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengingat materi
pelajaran IPS berdasarkan metode menonton film dan ceramah.
Hasil analisis data penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan mengingat materi
pelajaran IPS Metode Menonton Film dan Metode Ceramah. Mean kelompok Menonton
Film lebih besar dari kelompok Ceramah (15.63 >13.00). Sehingga dapat disimpulkan
kemampuan mengingat materi pelajaran IPS lebih tinggi dengan menggunakan metode
menonton film dibandingkan menggunakan Metode Ceramah.
Kata Kunci : Metode Menonton Film dan Metode Ceramah, Kemampuan mengingat
pada mata pelajaran IPS