OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S08-00044
Judul : Perbedaan Kemampuan Mengingat Materi Pelajaran IPS Berdasarkan Metode Menonton Film dengan Ceramah
Pengarang : Nurhalimah
Penerbit dan Distribusi : FPSIKO
Subjek : Psikologi
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S08-00044 S08-00044 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 67674
 Abstrak
Nurhalimah (0709015022), Perbedaan Kemampuan Mengingat Materi Pelajaran IPS berdsarkan Metode Menonton Film dengan Metode Ceramah pada siswa kelas 5 MI. Riayatul Athfaal-Depok. Dari fakultas psikologi. Universitas Prof. Dr. Hamka Jakarta Selatan. IPS adalah bidang studi yang mempelajari dan menelaah serta menganalisis gejala dan masalah sosial dimasyarakat ditinjau dari berbagai aspek kehidupan serta terpadu (Sardjiyo, 2011:132). Dalam kurikulum 2006 pada jenjang SD/MI Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik disiapkan dan diarahkan agar mampu menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. MI Riayatul Athfal-Depok adalah sekolah yg belum tersentuh oleh metode belajar yang moderen. Tujuan penelitian ini untuk meliat perbedaan kemampuan mengingat berdasarkan metode menonton film dengan metode ceramah. Variabel bebas adalah Metode Pembelajaran Menonton Film dan Metode Ceramah, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengingat pada pelajaran IPS. Hipotesis yang diajukan adalah ?kemampuan mengingat materi pelajaran IPS berdasarkan Metode Menonton Film lebih besar dibanding dengan Metode Ceramah?. Subyek penelitian ini adalah siswa pada kelas 5a dan 5b masing-masing kelas 30 orang sehingga total 60 siswa. Untuk penentuan kelompok menonton film dan kelompok ceramah dengan cara pengundian kelas. Pengumpulan data kemampuan mengingat menggunakan 20 item pilihan ganda metode performa maksima kesukaran sedang. Uji coba alat ukur yang mempunyai keriteria yang sama yaitu sama-sama MI dan kelas 5. Analisis data menggunakan Uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan mengingat materi pelajaran IPS berdasarkan metode menonton film dan ceramah. Hasil analisis data penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan mengingat materi pelajaran IPS Metode Menonton Film dan Metode Ceramah. Mean kelompok Menonton Film lebih besar dari kelompok Ceramah (15.63 >13.00). Sehingga dapat disimpulkan kemampuan mengingat materi pelajaran IPS lebih tinggi dengan menggunakan metode menonton film dibandingkan menggunakan Metode Ceramah. Kata Kunci : Metode Menonton Film dan Metode Ceramah, Kemampuan mengingat pada mata pelajaran IPS
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox