Abstrak
Televisi merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang melibatkan khalayak sebagai komunikannya. Televisi di Indonesia, saat ini berlomba-lomba untuk menghasilkan program yang banyak diminati oleh khalayak pada umumnya. Salah satunya adalah program Reality Show yaitu program ??Indigo? yang di tanyangkan Trans TV yang dapat menarik empati atau simpati pada khalayak yang menonton tayangan ini. Dalam penelitian ini menggunakan 3 teori, yang antaranya teori kognisi yaitu pemahaman terhadap pengetahuan atau kemampuan memperoleh pengetahuan, teori perbedaan individu (individual difference) yaitu menelaah perbedaan antara individu-individu sebagai sasaran media massa ketika diterpa sehingga menimbulkan umpan balik, teori kategori sosial (social categories) yaitu adanya kebersamaan pada masyarakat yang perilakunya ketika diterpa perangsang tertentu hampir seragam. Jenis penelitian adalah penelitian yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, dengan mengumpulkan informasi dari responden dengan menyebarkan angket (kuesioner) kepada lingkungan setiap Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah yang berbeda-beda pada setiap RT yang melihat tayagan ?Indigo? di Trans TV. Respoden yang dipilih berdasarkan Cluster Sampling. Hasil penelitian menujukan bahwa Tayangan Reality Show ?Indigo?di Trans TV mayoritas responden menyatakan tingkat kepercayaan berada pada kategori SEDANG dengan jumlah sekor 21056 dari 271 respoden. Perbedaan Agama menyebabkan perbedaan Tingkat Kerercayaan terhadap Program Reality Show ?Indigo? di Trans TV. Dapat di simpulkan bahwa, perbedaan agama tidak signifikan (tidak berpegaruh) menyebabkan perbedaan kepercayaan terhadap Reality Show ?Indigo? . Perbedaan kepercayaan tidak terjadi, karena tayangan Reality Show ?Indigo? hanya sebagai hiburan. Penelitian ini menunjukan bahwa Tayangan Reality Show ?Indigo? di Trang TV sangat menarik perhatian khlayak, karena dapat memberi informasi maupun menambah wawasan tentang apa yang sebelumnya kita belum ketahui
tentang tayangan tersebut.