OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S06-00538
Judul : Konstruksi Pembaharuan Tata Cara Qurban Dalam Iklan Superqurban Rumah Zakat Di Televisi
Pengarang : Fikry Nurfaiz
Penerbit dan Distribusi : FISIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S06-00538 S06-00538 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 66787
 Abstrak
Iklan kini dianggap sebagai alat yang mampu menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat dengan bantuan media massa. Kini iklan bukan lagi sebagai alat yang bersifat komersial maupun jasa, tetapi digunakan sebagai sarana untuk berdakwah. Rumah Zakat menggunakan iklan sebagai sarana berdakwah untuk menyampaikan suatu pembaharuan pemikiran tentang berqurban, program qurban tersebut diberi nama dengan Superqurban. Iklan Superqurban Rumah Zakat ini merupakan suatu bentuk konstruksi realitas tentang berqurban di masyarakat yang masih secara konfensional, yang memakan banyak waktu dan tenaga. Sementara itu iklan membangun suatu penggambaran di dalam pikiran masyarakat bahwa ada cara berqurban yang lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu penulis membuat rumusan masalah untuk penelitian ini yaitu ?Bagaimana konstruksi pembaharuan pemikiran Islam tentang qurban dalam iklan Superqurban Rumah Zakat di televisi ?? dan ?Bagaimana peran iklan Superqurban Rumah Zakat dalam Dakwah Penyiaran Islam ?? Teori-teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini dalah teori konstruksi realitas sosial untuk melihat proses pengkonstruksian program Superqurban di masyarakat. Lalu penulis menggunakan teori konstruksi sosial media massa karena penelitian ini meneliti iklan yang ada di televisi dimana iklan tersebut membantu mempercepat proses konstruksi realitas sosial. Penulis juga menggunakan teori tahapan dakwah, karena iklan superqurban ini merupakan suatu bentuk dakwah tentang ibadah qurban. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalah jenis penelitian deskriptif dan metode yang penulis gunakan adalah analisis isi kualitatif. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa program superqurbna merupakan pembaharuan dalam ibadah qurban. sedangkan iklan superqurban yang dibuat Rumah Zakat adalah sebagai pengkonstruksian realitas tentang ibadah qurban di masyarakat dan iklan ini membantu mempercepat proses pengkonstruksian tersebut serta iklan Superqurban ini merupakan bagian dari dakwah Islam terkait tentang mengajak masyarakat untuk mengoptimalisasikan ibadah qurban mereka.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox