Abstrak
Artha Rini. Analisis Pilihan Ganda pada Tes Sumatif Membaca yang didesain oleh Guru ? guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama di Kota Serang. Tesis. Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan silabus dan kisi ? kisi yang sesuai dengan keterampilan membaca, desain pilihan ganda, jenis ? jenis pertanyaan, dan isi dari rencana pembelajaran.
Penulis menggunakan penelitian qualitative dengan studi kasus sebagai
pendekatatannya. Enam Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Serang merupakan
sampel penelitian ini. Dari sekolah ? sekolah tersebut, peneliti memfokuskan masalah
pada guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Silabus, lesson plan, dan tes sumatif
adalah data yang diambil sebagai sumber data yang diproses dengan mengelompokkan
data, membuat deskripsi, dan menginterpretasikan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam silabus yang dimiliki oleh guru
? guru, ada materi tes yang tidak sesuai dengan silabus. Selain itu, silabus yang dimiliki oleh guru mempunyai isi yang sama. (2) Tes sumatif bahasa inggris Sekolah Menengah Pertama memuat 90% pertanyaan membaca dan 5% pertanyaan pengetahuan umum. (3) Pertanyaan dalam tes sumatif memenuhi aspek kognitif C1 (pengetahuan), C2
(pemahaman), dan C3 (aplikasi).