Abstrak
Siti Rohana Nawangsih Barit. Menerapkan Penyelidikan Pembelajaran Berbasis Melalui Internet dalam Menulis Kelas: A Penelitian Tindakan Kelas pada Tahun Ketiga Siswa Dari 256 SMP Jakarta. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penyelidikan pembelajaran berbasis internet melalui untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dari 256 SMP Jakarta. Kelas A dipilih secara purposif dari 26 kelas yang berfokus pada siswa kelas 9.
Data dikumpulkan dengan cara penelitian tindakan kelas, angket,
dan wawancara. Ada tiga puluh lima siswa dari satu kelas yang dipilih secara purposive sebagai
Peserta yang terlibat dalam penelitian ini. Penelitian tindakan kelas adalah utama
teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Mahasiswa
kuesioner dan wawancara digunakan untuk mendukung data dari tindakan kelas
penelitian.
Data yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas, angket, dan
wawancara dianalisis secara kualitatif dengan mengelompokkan mereka dalam kategori berdasarkan
komponen penulisan.
Temuan ini menunjukkan pelaksanaan penyelidikan berbasis melalui pembelajaran
internet untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa adalah sebagai berikut: (1) merumuskan
Pertanyaan atau set pertanyaan yang berkaitan dengan topik penyelidikan, (2) mendorong
siswa untuk membuat kerangka atau garis yang berhubungan dengan topik yang akan mereka
menyelidiki, (3) mendorong mereka untuk menyelidiki topik dengan mengumpulkan informasi
dari internet, (4) mengatur informasi dalam kategori, (5) mendiskusikan dan menganalisis
informasi untuk pemahaman lebih lanjut, dan (6) menulis teks di atas kertas dengan
Mekanisme yang benar.
Karena pembelajaran berbasis penyelidikan melalui internet dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis, disarankan kepada para guru, khususnya bahasa Inggris guru, untuk menerapkan strategi ini di kelas mereka. Hal ini juga disarankan untuk sekolah lembaga untuk memfasilitasi sekolah mereka dengan teknologi internet untuk mendukung siswa menjadi terampil secara tertulis dengan menggunakan internet sebagai sumber informasi.