Abstrak
ROSNANI. 0908066085. The Relationship between Communication Strategies, Motivation, and Students? Speaking Skill. Pembimbing 1.Dr. H. Gunawan Suryoputro, M. Hum. 2. Dr. H.Atiq Susilo, MA. Thesis. Program studi pendidikan bahasa inggris. Program pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamaka Jakarta.2012.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) hubungan antara strategi komunikasi dengan kemampuan berbicara bahasa inggris. (2) hubungan antara motivasi dengan kemampuan berbicara bahasa inggris. (3) hubungan antara strategi komunikasi, motivasi secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris secara. (4) sejauh mana hubungan antar variable tersebut. Penelitian ini menggunakan tehnik survey dengan sampel sebanyak 30 orang dari total populasi secara keseluruhan sebanyak 67 orang dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan questioner dan tes speaking menggunakan analisis data secara statistic dengan tekhnik korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara strategi komunikasi (r1) 0,37 dengan kemampuan berbicara bahasa inggris; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi (r2) 0,43 dengan kemampuan berbicara bahasa inggris; (3) dan hubungan antara strategi komunikasi, motivasi (R) as 0,48 secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris. Dan kontribusi strategi komunikasi terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris 13,69%, motivasi 18,49%, dan keduanya terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris 23,04% melalui analisa koefisien determinasi. Hal ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi dan motivasi berdampak pada peningkatan kemampuan berbicara bahasa inggris siswa.
kata kunci: strategi berbicara, motivasi, keahlian berbicara.