Abstrak
Asep Saepulloh: The Implentation of Genre-Based Approach to Teach Writing in
an EFL Classroom (Case Study at A Senior High School of Islamic Boarding
School Daar el-QOlam in Tangerang, Banten). Thesis. Jakarta: Graduate Program of
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA University. 2011)
Penelitian kualitatif descriptive dengan studi kasus ini bertujuan untuk
menginvestigasi implementasi Genre Based Approach (GBA) untuk mengajar menulis
di kelas EFL. Ada empat masalah yang diangkat dalam studi ini: pertama, bagaimana
guru mempersiapkan materi ajar dalam proses belajar mengajar di kelas, kedua adalah
bagaimana guru melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, ketiga adalah
bagaimana guru mengevaluasi keberhasialan murid-murid dan keempat, apa yang
dipahami oleh guru tentang Genre Based Approach itu sendiri.
Data dikumpulkan melalui obervasi, interview dan survey dokumen. Penelitian
ini dilaksanakan di SMA Daar el-Qolam Tangerang, Banten. Untuk memperoleh data,
peneliti fokus pada seorang guru yang sedang mengajar Narrative pada kelas XI sebagai
subjek penelitian. Adapun observasi dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang
banyak tentang proses belajar mengajar di kelas termasuk strategi yang dipakai,
akftifitas guru dan murid, materi yang dipersiapkan, serta evaluasi murid-murid.
Interview dipakai untuk menguji dan mengetahui alas an-alasan dibalak semua aktifitas
itu. Sedangkan dokument digunakan untuk mendukung data-data tersebut. Jadi datadata
dianalisis secara induktif.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa 1) Guru memilih dan mengambil
materi ajar dari berbagai sumber, 2) Guru mengajar berdasarkan ?curriculum cycle?
yang direkomendasikan oleh GBA, 3) Guru mengevaluasi murid baik selama proses
maupun setelah proses, 4) Guru pada dasarnya tidak memahami konsep tentang GBA.
Namun demikian, penelitian ini mengidikasikan bahwa GBA adalah efektif untuk
mengajar menulis karena lebih dari 60% murid menulis narrative secara sukses.