Abstrak
ARYANI ROSYAWARDINI. NIM : 0708066039. HUBUNGAN ANTARA
INDEPENDENT DAN DEPENDENT DIDALAM PENINGKATAN KARANGAN
NARATIF OLEH SISWA KELAS DELAPAN SMP 9 TANGERANG.Tesis.
Program Pasca Sarjana, Umiversitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2010.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antaragaya nelajar siswa independent dan dependent di dalam meningkatkan karangan naratif oleh siswa SMPN 9 Tamgerang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan SMPN 9
Tangerang. Tahun ajaran 2010/2011. Sample yang diambil dari penelitian ini adalah dua kelas dari keseluruhan kelas delapan yang ada di SMPN 9. Kelas itu diambil bardasarkan teknik lotre.
Hasil peneliatian ini adalah : (1) Hubungan antara variable Y (Karangan
naratif) dan X1 ( Independent Style) adalah 0. 830 demgam koefisien korelasi 5% itu berarti hubungan antara kedua variable hampir sempurna. (2) Hubungan antara variable Y (Karangan naratif) dan X1 ( Dependent Style) adalah 0. 691 dengan koefisien korelasi 5% itu berarti ada hubungan yang positif antara kedua variable. (3)
Gaya belajar Independent lebih berhasil digunakan dalam upaya meningkatkan menulis karangan naratif.