Abstrak
Paimin. Pengaruh Strategi membaca Kolaborasi dan Reciprokal pada
terhadap pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Angkasa Jakarta. Tesis.
Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2013.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah (1)terdapat
pengaruh yang signifikan antara Strategi membaca dengan Kolaborasi dengan
kemampuan membaca siswa; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara
Strrategi membaca secara reciprokal terhadap pemahaman membaca siswa; (3)
terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh Strategi membaca dengan
kolaborasi dan Strategi membaca dengan reciprokal.
Penelitian ini dilakuan di SMP Angkasa Jakarta dari bulan November
sampai dengan Desember 2012.Dengan menggunakan teknik mengambil sampel
secara acak, 2 kelas dari 6 kelas siswa kelas VIII 2011/2012 dipilih sebagai
sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen.
Jenis instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data
yaitu Tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Tes ini digunakan untuk mengukur
kemampuan membaca pemahaman siswa. Selanjutnya, ada empat jenis data yang
dikumpulkan yaitu nilai pretes pada kelas eksperimen, nilai pretes pada kelas
control, nilai post tes pada keas ekperimen, dan nilai post tes pada kelas control.
Data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan program SPSS versi 17.00.
Berdasarkan hasil analisis data, ada tiga temuan yang dapat diambil;
Pertama, Strategi membaca dengan kolaborasi (X1) berpengaruh secara significan
terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa (Y). Hal ini didukung dengan
signifikansi nilai - p-adalah 0.010. Nilai ini lebih rendah dari pada α = 0.05.
Kedua, Strategi membaca dengan reciprokal (X2) secara signifikan berpengaruh
terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa (Y). Hal ini didukung dengan
signifikansi nilai-p adalah 0.020. Nilai ini juga lebih rendah dari pada α = 0.05.
Ketiga, Tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh Strategi membaca
dengan kolaborasi dan Strategi membaca dengan reciprocal terhadap kemempuan
pemahaman bacaan siswa. Hal ini didukung dengan signifikansi nilai-p adalah
0.214. Nilai ini juga lebih tinggi dari pada α = 0.05.
Kesimpulan penelitian ini adalah kedua strategi membaca baik strategi
membaca dengan kolaborasi maupun strategi membaca dengan reciprocal bisa
diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa. Oleh
karena itu, disarankan kepada guru-guru Bahasa Inggris untuk menerapkan
strategi membaca dengan kolaborasi atau strategi membaca dengan reciprocal
untuk meningkatkan kemempuan pemahaman bacaan siswa.