Abstrak
Sri Sariwarni. Pengaruh Etos Kerja Guru dan Budaya Organisasi terhadap
Efektivitas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Jatinegara. Tesis,
Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Hamka, Jakarta, 2013.
Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji, dan
menganalisis adanya pengaruh antara Etos Kerja Guru dan Budaya Organisasi
terhadap Efektivitas Sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di
Kecamatan Jatinegara. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh
langsung antara Etos Kerja Guru terhadap Efektivitas Sekolah di Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Jatinegara; (2) terdapat pengaruh
langsung antara Budaya Organisasi terhadap Efektivitas Sekolah di Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Jatinegara; dan (3) terdapat
pengaruh langsung antara Etos Kerja Guru terhadap Budaya Organisasi di
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Jatinegara.
Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi target dalam
penelitian ini sebanyak 164 guru. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk
menentukan populasi terjangkau sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 62
orang dengan sebaran 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang terdapat di
Kecamatan Jatinegara, yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 53 Jakarta
Timur, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 54 Jakarta Timur dan Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri 100 Jakarta Timur. Dalam menentukan sampel
menggunakan teknik simple random sampling.
Sampel untuk uji coba instrumen sebanyak 25 orang guru, yang diambil
diluar dari sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas
instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan
mengukur tingkat reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha
Cronbach.
Uji validitas dengan kriteria pengujian rhitung > rkritis pada α = 0,05 = 0,396
maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen
menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga
instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 37 pada variabel X3, item nomor 22 dan 37 pada variabel X1, dan item nomor 37 dan
42 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut tidak dapat digunakan dalam
penelitian.
Untuk uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach
yang diperoleh pada rhitung > rtabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui
bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel Efektivitas Sekolah
rhitung = 0,951; variabel Etos Kerja Guru rhitung = 0,937; dan variabel Budaya
Organisasi rhitung = 0,950. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel
dinyatakan reliabel.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama,
terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara Etos Kerja Guru (X1) terhadap
Efektivitas Sekolah (X3) dengan persamaan regresi = 62,39 + 0,58 X1, dengan
koefisien korelasi rx3x1 = 0,707 dan koefisien determinasi atau KD (rx3x1)2 = 0,500
signifikan pada α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan antara
Budaya Organisasi (X2) dengan Efektivitas Sekolah (X3) dengan persamaan
regresi Ŷ = 57,56 + 0,56 X
∧X
3
2 dengan koefisien korelasi rx3x2 = 0,683 dan koefisien
determinasi atau KD (rx3x2)2 = 0,467 signifikan pada α = 0,05. Ketiga, terdapat
pengaruh langsung dan signifikan antara Etos Kerja Guru (X1) dan Budaya
Organisasi (X2) secara bersama-sama dengan Efektivitas Sekolah (X3) dengan
persamaan regresi Ŷ = 35,44 + 0,379 X
∧X
3
1 + 0,332 X2, dengan koefisien korelasi
Rx3x1x2 = 0,573 dan koefisien determinasi R2 = 0,328 signifikan pada α = 0,05.
∧X
3
Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara Etos Kerja Guru
dan Budaya Organisasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama
dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan
Efektivitas Sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam
membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan
sekolah secara efektif dan efisien.