Abstrak
Riantini Basri. Pengaruh Teknik Membaca dan Motivasi Siswa Terhadap
Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa SMPN. 19 Tangerang pada Fakultas Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA). Tesis Program Studi Magister Bahasa Indonesia Sekolah Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka . Februari 2014
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik membaca dan motivasi siswa terhadap kemampuan pemahaman bacaan di SMPN. 19 Tangerang . Penelitian dilaksanakan dari Januari sampai Maret 2011.
Metode Eksprimen yang digunakan dengan rancangan penelitian dengan faktorial 2x2 dan hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Uji Lilifors,Uji Barlet, Anava dua Jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tukey.
Dalam penelitian ini populasi target penelitian adalah siswa kelas IX SMPN.19 Tangerang. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelasIX semester ganjil dan genap dengan populasi 52 sedangkan sampel penelitian adalah 26 yang tediri atas 13 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa sebagai kelompok kontrol Analisis data pada pengujian Normalitas pada kelompok teknik membaca skimming dan scanning menghasilkan L0 =0,5679 sedangkan Lt dengan n=13 dan
taraf signifikan 0,05 yaitu 0,886 maka Lt> Lo maka hipotesis nol diterima yang berarti sampel berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas varians dengan uji barlet diperoleh f hasil 2,197 dengan f tabel dengan taraf signifikan 7,81. Berarti fh< ft maka Ho diterima dan merupakan kelompok homogen. Pada Anava Dua Jalur F hasil 19,05 dan F tabel 4,04 maka Fh> F tabel maka terdapat pengaruh yang
signifikan antar baris ini menunjukkan pengaruh Teknik Membaca Skimming dan Scanning terhadap Kemampuan Pemahaan Bacaan Siswa. Sedangkan pada antar kolom Fh 0,10dan Ftabel dengan taraf sinifikan 0,05 hasil 7,9. Hitung < F tabel dalam hal ini Ho diterima. Ini berarti Motivasi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman bacaan.
Dalam hal ini Teknik membaca dan Motivasi siswa sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman bacaan dapat dilihat dari hasil Uji Tukey terdapatnya interaksi antar variabel dengan taraf signifikan 0,05 pada Fh= 16,48 yang lebih terdapatnya interaksi antar variabel dengan taraf signifikan 0,05 pada Fh= 16,48 yang lebih besar dari f tabel= 3,9 ini menunjukkan kelompok yang memiliki motivasi tinggi dengan teknik membaca skiming memiliki pengaruh yang signifikan.
Dari hasil Uji Tukey dapat disimpulkan terdapat pengaruh kemampuan
pemahaman bacaan pada siswa yang memiliki motivasi tinngi dan rendah antara siswa yang belajar dengan teknik membaca skimming dan scanning.
Berdasarkan hasil penelitian teknik membaca skimming dengan motivasi
tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan memahami bacaan daripada teknik membaca scanning dengan motivasi rendah.