Abstrak
Dwi Astuti Indriati. 1008056024. Peningkatan kemampuan menulis laporan diskusi melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) (Penelitian tindakan pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Cibinong Bogor). Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis laporan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Cibinong Bogor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
yaitu penelitian yang memfokuskan kepada rangkaian kegiatan yang terdiri atas empat langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).? Putaran dilakukan dari tahapan siklus satu ke siklus berikutnya dengan target agar kemampuan membaca siswa semakin meningkat. Peningkatan kemampuan membaca tersebut dapat diketahui melalui
pengamatan atau observasi dengan menggunakan indikator kemampuan.
Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa laporan yang ditulis oleh siswa pada siklus II ini menunjukkan ada perubahan yang signifikan. Berdasarkan data nilai siklus II jumlah nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 80. Memang jauh berbeda dengan perolehan nilai tertinggi pada siklus I yang mencapai 75. Pada siklus II, siswa memperoleh nilai diatas KKM. Hal ini menunjukkan adanya
peningkatan dibandingkan dengan nilai yang diperoleh pada siklus I. Pada siklus I, semua kelompok mendapat nilai dibawah KKM yaitu 70.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui dua siklus, maka hasilnya dapat diinterpretasikan bahwa keterampilan siswa dalam menulis laporan hasil diskusi dapat ditingkatkan. Peningkatan kemampuan menulis laporan hasil diskusi dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) ini siswa dapat menuangkan laporannya dengan mudah karena sesuai
dengan pengamatan.