OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T093-00099
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun melalui Pembelajaran Kooperatif (Penelitian Tindakan di SMP Negeri 4 Tangerang).
Pengarang : Dadang Yuda Irawan.
Penerbit dan Distribusi : Pascasarjana MPB Indonesia
Subjek : Kemampuan Menulis Pantun
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T093-00099 T093-00099 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 65916
 Abstrak
Dadang Yuda Irawan. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun melalui Pembelajaran Kooperatif (Penelitian Tindakan di SMP Negeri 4 Tangerang). Jakarta: Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Menulis pantun merupakan salah satu materi dalam pembelajaran menulis di SMP. Di dalam kegiatan tersebut siswa dituntut untuk memiliki berbagai kompetensi untuk mengorganisasikan semua ide, pikiran, dan perasaannya yang diekspresikan melalui pantun. Oleh karena itu yang dilakukan dalam penelitian ini pun adalah tentang peningkatan kemampuan menulis pantun melalui pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis pantun. Sedangkan yang menjadi subfokus penelitiannya adalah peningkatan kemampuan menulis pantun melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik Diskusi Kepala Bernomor (DKB). Indikator peningkatan kemampuan menulis pantun adalah hasil belajar. Metodologi penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Semua data yang telah diambil kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari dua siklus tersebut diperoleh peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan. Data yang dijaring dalam penelitian ini adalah berupa hasil belajar menulis pantun melalui penilaian teknik tes dan nontes. Penilaian dengan teknik tes adalah unsur-unsur dan jenis pantun. Unsur-unsur pantun terdiri dari jumlah suku kata, jumlah baris, sampiran, isi, rima, dan tema. Sedangkan jenis pantun adalah isi pantun berdasarkan temanya. Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebagai berikut. Rerata kemampuan menulis pantun siswa sebelum dilakukan pembelajaran (prates) adalah 44,8 atau 45%, rerata siklus I adalah 69,4 atau 69%, dan rerata siklus II adalah 95,4 atau 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan teknik DKB sangat efektif dilakukan untuk peningkatan kemampuan menulis pantun.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox