OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00550
Judul : HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU DENGAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI KELOMPOK PARIWISATA DI DKI JAKARTA
Pengarang : DEWATI MURHASIANI PULUNGAN
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : Laedership, Profesionalisme
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00550 T092-00550 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 65371
 Abstrak
DEWATI MURHASIANI PULUNGAN. Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru Dengan Mutu Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta. Tesis : Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis dan menungkapkan hubungan supervisi kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan mutu layanan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta. Hipotesis yang diuji adalah : (1) Hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan mutu layanan pendidikan (2) Hubungan antara profesionalitas guru dengan mutu layanan pendidikan (3) Hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan mutu layanan pendidikan. Target populasi sebanyak 250 guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Pariwisata di DKI Jakarta, populasi terjangkau menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling) yakni 154 responden. Proses menjaring data dilakukan menggunakan angket yang disebarkan terhadp responden. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah (X1) dengan mutu layanan pendidikan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 90,398 + 0,295X1, dengan koefisien korelasi ry1 = 0,417 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 17,39% signifikan pada = 0,05 artinya bahwa ada hubungan supervisi kepala sekolah sebesar 17,39% dengan mutu layanan pendidikan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalitas guru (X2) dengan mutu layanan pendidikan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 113,677 + 0,141X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,160 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 2,56% signifikan pada = 0,05 artinya bahwa ada hubungan profesionalitas guru sebesar 2, 56 % dengan mutu layanan pendidikan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah (X1) dan profesional guru (X2) secara bersama-sama dengan mutu layanan pendidikan (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 86,654 + 0,272X1+ 0,067X2, dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,414 dan koefisien determinasi R2 = 17,139% signifikan pada = 0,05 artinya bahwa ada hubungan supervisi kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama sebesar 17,139% dengan mutu layanan pendidikan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisi data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa antara supervisi kepala sekolah dan profesionalitas guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox