OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00461
Judul : Peran Guru Agama Islam Dalam Membantu Program Bimbingan Dan Konseling Dalam Penjurusan Pada Siswa Madrasah Aliyah Kelas X (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta)?.
Pengarang : Dwi Anggarasih
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00461 S07-00461 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 65027
 Abstrak
Penjurusan Sekolah peserta didik kelas X oleh Bimbingan dan konseling mempunyai peranan penting di sekolah. Dengan adanya bimbingan konseling disekolah dapat mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Peranan tersebut tidak cukup dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling saja, akan tetapi akan tetapi membutuhkan kerja sama dengan berbagai elemen sekolah yang terkait. Contohnya bimbingan konseling bekerja sama dengan guru Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran bimbingan dan konseling. Yang menjadi permasalahan ini bagaimana peranan guru Agama Islam membantu bimbingan dan konseling pada program Kegiatan Penjurusan Sekolah, bagaimana jika keinginan orang tua siswa bertentangan dengan keinginan pribadi siswa. Penelitian ini adalah merupakan penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 6 Jakarta. Pengumpulan data diambil dengan mengadakan Observasi, wawancara dengan guru bimbingan konseling dan guru Agama Islam, serta Angket dengan sampel 32 siswa dari 135 siswa. Hasil dari Penelitian ini adalah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membantu program bimbingan konseling pada penjurusan sekolah ialah selain membantu melaksanakan kegiatan psikotes jurusan, guru PAI juga memotivasi siswa dengan memilih jurusan yang sesuai dengan pilihan masing ? masing. Peran bimbingan konseling ialah untuk memotivasi peserta didik agar percaya diri dan giat belajar. Solusi Keinginan orang tua siswa yang terkadang bertentangan dengan siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox