OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00526
Judul : PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI JAKARTA SELATAN
Pengarang : WIDIAWATI
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : Manajemen, Leadership
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00526 T092-00526 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 65017
 Abstrak
Widiawati. Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru; dan (3) Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi kerja Guru; (2) terdapat pengaruh langsung Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru; dan (3) terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah survai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di lima SMA di Jakarta Selatan berjumlah 250 guru. Sampel berjumlah 154 guru yang diambil secara acak proporsional (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel motivasi kerja guru, keterampilan manajerial kepala sekolah, dan iklim organisasi sekolah dengan angket model skala likert. Uji validitas dihitung dengan rumus product moment dan keterandalan (Reliabilitas) dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel motivasi kerja guru sebesar r₁₁ = 0,97; hasil uji coba untuk variabel keterampilam manajerial kepala sekolah sebesar r₁₁ = 0,9655; dan hasil uji coba untuk variabel iklim organisasi sekolah r₁₁ = 0,9423. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan korelasi sederhana dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap MotivasiKerja Guru dengan persamaan regresi adalah Ŷ = 98,52 + 0,291 X₁, koefisien korelasi sebesar r₁₃ = 0,987; dan koefisien jalur p₁₃ sebesar 0,577; pada taraf signifikansi  = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru dengan persamaan regresi Ŷ = 118,13 + 0,185 X₂, koefisien korelasi sebesar r₂₃ = 0,988; dan koefisien jalur analisis p₃₂ sebesar 0,423 pada taraf singnifikansi  = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah dengan persamaan regresi Ŷ = 106,11 + 0,279 X₂ koefisien korelasi sebesar r₁₂ = 0,987; dan koefisien jalur p₂₁ sebesar 0,987; pada taraf signifikansi  = 0,05. Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan motivasi kerja guru dengan cara meningkatnya keterampilan manajerial kepala sekolah (X1) dan meningkatnya iklim organisasi sekolah (X2).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox