Abstrak
Iryanto, Agull Eko. 2013. Pengaru·/t Kompetensi Dosen' dan Motivasi Be/ajar Terhadap Hasil Belajor Maw Kuliah Statistika Mahasiswa Pada Sekolah Tinggj di KIlbupaten Lebak Propinsi Banten. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA.
Tesi-s ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dosen dan motivasi bela jar
terhadap hasil belajar Statistika mahasiswa pada Sekolah Tinggi di Kabupaten Lebak
Propinsi Banten. Hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : 1) Terdapat Pengaruh
Langsung Positif Kompeteni Dosen terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika
Mahasiswa, 2) Terdapat Pengaruh Langsung PositifMotivasi Belajar Mahasiswa Terhadap
Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika Mahasiswa, dan 3) Terdapat PeI1.garuh Langsung
PositifKompetensi Dosen terhadap Motivasi Belajar Statistika Mahasiswa.
Populasi penelitian adalah mahasiswa di 2 Sekolah Tinggi Swasta (STS) di
Kabupaten Lebak Propinsi Banten, yaitu STKlP Setia Budhi Rangkasbitung dan STIE
Latanza Mashiro. Dalam hal ini mahasiswa yang mengikuti mata kuliah statistika/Data
Analisis Penelitian yang berjumlah 270 Mahasiswa, sedangkan sampel penelitiansebanyak
152. mahasiswa. yang diambil dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Untuk
menentukan ukuran sampel atau jumlah sampel dari populasi tertentu menggunakan
pendapat dari Isaac & Michael. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkam data
Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar, menggunakan kuesioner dengan moder Skala
Likert, sedangkan instrumen Hasil Belajar Mata Kuliah Statistika Mahasiswa dengan tes
bentuk pilihan ganda dengan lima pili han jawaban. Pengujian validitas dan reliabilitas
intrumen Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar dengan menggunakan rumus Korelasi
Product Moment dan Alpha Cronbach, sedangkan insrumen hasil belajar mata kuliah
statistika mahasiswa menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan KR-20.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensia1. Statisik deskriptif meliputi perhitungan, Rerata, Median, Modus, Simpangan Baku, Rentang, Pembantuan Distribusi Frekuensi dari setiap variabeL Sedangkan statitik inferensial
meliputi analisis uji signifikansi koefisien korelasi dan analisis jalur. Sebelum dianalisis
dengan stattistika inferensial terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang mehputi pengujian normalitas, uji linearitas dan uji signifikansi regresi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa : I) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan .kompetellsi dosen terhadap hasil belajar mata kuliah statistika mahasiswa dengan persamaan regresi X3 = -3,21 + 0,111 Xl, koefisien ja1ur sebesar 0,411 dan t hitung sebesar
8,30. 2) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan motivash belajar terhadap hasil belajar mata kuliah statistika mahasiswa dengan persamaan regresi X3 = -1,40 + 0,147 X2,
koefisien jalur sebesar 0,353 dan t IUlung sebesar 7,61. 3) terdapat pengaruh langsung positif
yang signifikan kompetensi dosen terhadap motivasi belajar dengan persamaan regresi Xz = 77,<)3 + 0,31}4 XI, koefisien jalur sebesar 0.426 dan t hitung sebesar 5,76.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil
belajar mata kuliah statistika mahasiswa dapat dilakukan denga meningkatkan kompetensi
dosen dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontrobusi
bagi semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan hasil belajar mata kuliah statistika mahasiswa.