OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00169
Judul : Hubungan antara Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Cilincing Jakarta Utara
Pengarang : ZAENAL GUSTI
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : media pembelejaran
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00169 T091-00169 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 64050
 Abstrak
ZAENAL GUSTI. Hubungan antara Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil belajar IPS, (2) motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan (3) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil belajar IPS, (2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, dan (3) Terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang berjumlah 776 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 89 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data untuk variabel penggunaan media pembelajaran berbasis komputer (X1) dan motivasi belajar (X2) menggunakan kuesioner model skala Likert. Sedangkan untuk variabel hasil belajar IPS (Y) menggunakan tes. Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan X2 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,968, variabel X2 sebesar rii = 0,925 dan untuk variabel Y yang dihitung dengan rumus KR-20 sebesar rii = 0,907. Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors, uji linearitas menggunakan uji F, dan uji homogenitas menggunakan uji Bartleth. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal, linier dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis meliputi pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi sederahana, koefisien korelasi parsial dan regresi linear sederhana, sedangkan pada hipotesis ketiga menggunakan analisis korelasi dan regresi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil belajar IPS, diperoleh persamaan regresi linear Ŷ = 26,059 + 0,436X1, koefisien korelasi sederhana (ry1) = 0,639, koefisien korelasi parsial (ry1.2) = 0,302 signifikan pada taraf = 0,05, dan koefisien determinasi (KD) = 0,4083. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, diperoleh persamaan regresi linear Ŷ= 29,894 + 0,454X2, koefisien korelasi (ry2) = 0,698, koefisien korelasi parsial (ry2.1) = 0,462 signifikan pada taraf = 0,05, dan koefisien determinasi (KD) = 0,4872. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, diperoleh persamaan regresi ganda Ŷ = 19,250 + 0,204X1 + 0,320X2, koefisien korelasi ganda (Ry.12) = 0,731 signifikan pada taraf = 0,05 dan koefisien determinasi (KD) = 0,5345. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan hasil belajar IPS, mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox