Abstrak
ZAENAL GUSTI. Hubungan antara Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan
antara (1) penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil
belajar IPS, (2) motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS, dan (3) penggunaan
media pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar dengan hasil belajar
IPS.
Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara
penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan hasil belajar IPS, (2)
Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, dan
(3) Terdapat hubungan positif antara penggunaan media pembelajaran berbasis
komputer dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara yang berjumlah 776 siswa. Jumlah sampel penelitian
sebanyak 89 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.
Teknik pengambilan data untuk variabel penggunaan media pembelajaran
berbasis komputer (X1) dan motivasi belajar (X2) menggunakan kuesioner model
skala Likert. Sedangkan untuk variabel hasil belajar IPS (Y) menggunakan tes.
Analisis reliabilitas untuk variabel X1 dan X2 dihitung dengan rumus Alpha
Cronbach, dimana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar rii = 0,968, variabel
X2 sebesar rii = 0,925 dan untuk variabel Y yang dihitung dengan rumus KR-20
sebesar rii = 0,907.
Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian normalitas
menggunakan uji Lilliefors, uji linearitas menggunakan uji F, dan uji homogenitas
menggunakan uji Bartleth. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan
bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal, linier dan bersifat homogen.
Pengujian hipotesis meliputi pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan
analisis korelasi sederahana, koefisien korelasi parsial dan regresi linear
sederhana, sedangkan pada hipotesis ketiga menggunakan analisis korelasi dan
regresi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf
signifikansi = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif
yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan
hasil belajar IPS, diperoleh persamaan regresi linear Ŷ = 26,059 + 0,436X1,
koefisien korelasi sederhana (ry1) = 0,639, koefisien korelasi parsial (ry1.2) = 0,302
signifikan pada taraf = 0,05, dan koefisien determinasi (KD) = 0,4083. Kedua,
terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil
belajar IPS, diperoleh persamaan regresi linear Ŷ= 29,894 + 0,454X2, koefisien
korelasi (ry2) = 0,698, koefisien korelasi parsial (ry2.1) = 0,462 signifikan pada taraf = 0,05, dan koefisien determinasi (KD) = 0,4872. Ketiga, terdapat hubungan
positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer
dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS, diperoleh
persamaan regresi ganda Ŷ = 19,250 + 0,204X1 + 0,320X2, koefisien korelasi
ganda (Ry.12) = 0,731 signifikan pada taraf = 0,05 dan koefisien determinasi
(KD) = 0,5345.
Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan hasil
belajar IPS, mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media
pembelajaran berbasis komputer dan motivasi belajar secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa.