OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00167
Judul : Pengaruh Slralegi pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Sualu Penelilian Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 12 Kecamalan Tangerang, Kola Tangerang
Pengarang : Yuniar Ali
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Strategi Pembelajaran
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00167 T091-00167 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 64048
 Abstrak
Yuniar Ali. Pengaruh Slralegi pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Sualu Penelilian Eksperimen di SekolahDasar Negeri 12 Kecamalan Tangerang, Kola Tangerang. Program PascasarjanaMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA.2012. Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran (Xl) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori, (2) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi. hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sarnpel menggunakan Clusler random sampling. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitasi instrument hasil belajar matematika mempunyai Alpha Cronbach rjj = 0.906, dan motivasi belajar siswa mempunyai Alpha Cronbach rjj = 0.932. Analisis data yang digunakan adalah ANA V A dua jalur. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori. Dari hasil penelitian dengan menggunakan ANA V A dua jalur diperoleh harga Fhi,ung lebih dari harga F'abel yaitu 7.223 > 4,04 dengan menggunakan Ct = 0,05. 2. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhi,ung lebih dari F'abcl yaitu 38.212 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. 3. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, basil belajar matematika siswa diajar dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uj i lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thi,ung lebih besar dari pada t,abcl yaitu 6.272 > 2.682 dengan demikian Ho di tolak. 4. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa diajar dengan menggunakan strategi Contextual Teaching Learning (CTL). lni dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thi,ung lebih kecil dari pada harga t'abcl yaitu 12.4711 < 0.013 dengan demikian Ho di terima .. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitaspembelajaran matematika.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox