OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00163
Judul : Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar KIMIA Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Malaka Jakarta
Pengarang : FRIDA ARIANI
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Strategi Pembelajaran
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00163 T091-00163 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 64005
 Abstrak
FRIDA ARIANI : Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar KIMIA Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Malaka Jakarta. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Universits Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar kimia siswa. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional. Gaya kognitif yang dimaksud dalam pemebelajaran ini adalah gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Penelitian ini dilakukan di SMK MALAKA Jakarta Timur pada tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2 . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 56 siswa, terdiri dari 28 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan 28 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Data penelitian hasil belajar kimia dikelompokkan melalui instrumen yang berbentuk tes obyektif. Sebelum diberikan kepada responden, instrumen diujicobakan terlebih dulu. Analisis hasil uji coba menghasilkan reliabilitas konsistensi internal instrumen hasil belajar kimia r = 0,864. Data penelitian hasil belajar kimia yang diperoleh, dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dilakukan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil analisis menyimpulkan hal- hal berikut: Pertama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional ( Fhitung = 0,35 < F tabel = 5,83 ). Kedua, Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar kimia (F hitung = 47,92  F tabel = 5,83 ). Ketiga, siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang mengikuti pembelajaran kontekstual memiliki hasil belajar kimia lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Dari hasil uji Tuckey diperoleh nilai Q hitung = 7,54 > Q tabel = 5,32 pada taraf signifikansi α = 0,05. Keempat, siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi kontekstual. Dari hasil uji Tukey diperoleh nilai Q hitung = 6,36 > Q tabel = 5,32 pada taraf signifikansi α = 0,05.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox