Abstrak
FRIDA ARIANI : Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar KIMIA Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Malaka Jakarta. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Universits Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah pengaruh strategi
pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar kimia siswa. Strategi
pembelajaran yang dimaksud adalah strategi pembelajaran kontekstual dan strategi
pembelajaran konvensional. Gaya kognitif yang dimaksud dalam pemebelajaran ini
adalah gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent.
Penelitian ini dilakukan di SMK MALAKA Jakarta Timur pada tahun ajaran
2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan rancangan faktorial 2 x 2 . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sebanyak 56 siswa, terdiri dari 28 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent
dan 28 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.
Data penelitian hasil belajar kimia dikelompokkan melalui instrumen yang berbentuk tes obyektif. Sebelum diberikan kepada responden, instrumen diujicobakan
terlebih dulu. Analisis hasil uji coba menghasilkan reliabilitas konsistensi internal
instrumen hasil belajar kimia r = 0,864.
Data penelitian hasil belajar kimia yang diperoleh, dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dilakukan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil analisis menyimpulkan hal- hal berikut: Pertama, tidak terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional ( Fhitung = 0,35 < F tabel = 5,83 ). Kedua, Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan
gaya kognitif terhadap hasil belajar kimia (F hitung = 47,92 F tabel = 5,83 ). Ketiga, siswa yang memiliki gaya kognitif field independent yang mengikuti pembelajaran kontekstual memiliki hasil belajar kimia lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Dari hasil uji Tuckey diperoleh nilai Q hitung = 7,54 > Q
tabel = 5,32 pada taraf signifikansi α = 0,05. Keempat, siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi kontekstual. Dari hasil uji Tukey diperoleh nilai Q hitung = 6,36 > Q tabel = 5,32 pada taraf
signifikansi α = 0,05.