Abstrak
NUR KHOLIFAH Pengaruh Ben/uk Penilaian Formatif Dan Minat Be/ajar
Terhadap Hasil Belajar flmu Pengetahuan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 287 Jakarta. Tesis, Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Bentuk
Penilaian Formatif dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap
Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Negeri 287 Jakarta.
Hipotesis yang diuji kebenarannya adalah : (1) Kelompok siswa yang
diberikan bentuk formatif pemugasan mempunyai hasil belajar IPS lebih tinggi
dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi bentuk formatif tes, (2)
Terdapat pengaruh interaksi antara bentuk tes formatif dengan minat belajar siswa
terhadap hasil bela jar IPS, (3) Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa yang
mempunyai minat belajar tinggi dan diberikan bentuk formatif penugasan dengan
bentuk formatif tes, (4) Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa yang mempunyai
Minat belajar tinggi dan diberikan bentuk formatif penugasan dengan bentuk
formatiftes.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperirnen. Populasi target
adalah 698 siswa SMP Negeri 287 Jakarta. Sampel diambil secara random (acak)
sebanyak siswa dari 2 kelas yang berbeda sebanyak 88 siswa diberikan bentuk
formatif penugasan yang terdiri dari 44 siswa yang memiliki minat bela jar tinggi
dan siswa yang memiliki minat belajar rendah, serta 44 siswa diberikan bentuk
formatif tes yang terdiri dari 22 siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan 22
siswa memiliki minat belajar rendah.
Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa keterandalan
masing-masing instrumen adalah sebagai berikut : hasil belajar mempunyai rtt =
0,879; minat bela jar terhadap pada mata pelajaran IPS mempunyai rtt = 0,939.
analisis data yang digunakan adalah analisis varians 2 jalan. Hasil penelitian
menyimpulkan hal-hal sebagai berikut :
Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPS Slswa antara bentuk
formatif penugasan dan bentuk formatif tes, dengan hasil Fhitung = 6,62 > Ftabel =
4,06.
Kedua, terdapat interaksi antara bentuk formatif dengan rninat belajar
siswa terhadap hasil belajar IPS siswa, karena hasil hitung = 59,58 > Ftabel = 4,06.
Ketiga, untuk siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, terdapat
perbedaan hasil belajar IPS siswa antara bentuk formatif penugasan dan bentuk
formatif tes, dengan hasil Qhitung = 14,26> Qtabeh = 5,05.
Keempat, untuk siswa yang mempunyai rninat belajar rendah, terdapat
perbedaan hasil belajar IPS siswa, dengan hasil Qhitung = 8,18 > Qtabeb = 5,05.
Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran IPS di SMP Negeri.