Abstrak
Uum Umiati. Evaluasi kegiatan program bimbingan dan konseling di Madrasah
Aliyah Negeri 4 Jakarta. Tesis Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka, 2013.
Tesis ini bertujuan untuk menilai kualitas kegiatan program bimbingan dan
konseling di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta. Dengan menggunakan model CIPP.
Metode yang dipergunakan adalah campuran antara metode kuantitatif dan metode
kualitatif. Untuk menilai konteks program BK dengan studi dokumen dan instrument
kepada 80 peserta didik, 1 kepala sekolah, 1 wakil kepala sekolah, 3 guru BK, 3 guru
wali kelas, 2 tata usaha, 10 guru bidang studi. Input dengan instrument kepada 30
peserta didik, Proses dengan observasi kegiatan BK, wawancara dan instrument
kepada 3 guru BK, Produk dengan observasi dan instrument kepada 30 peserta didik.
Hasil evaluasi conteks yaitu: Pedoman program BK sesuai dengan undang-undang,
peraturan pemerintah dan setandar pendidikan nasional. Visi, misi dan tujuan
pelaksanaan program BK sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Hasil evaluasi Input yaitu: Jumlah keseluruhan peserta didik adalah 902. Peserta
didik banyak mencapai tugas perkembangannya pada wawasan persiapan karir dan
persiapan diri untuk pernikahan dan hidup berkeluarga sehingga mencapai 83,33 %.
Sedangkan tugas perkembangan dalam kesadaran tanggung jawab hanya sedikit
yaitu 50 %. Peserta didik banyak mengalami permasalahan dalam penyesuaian
terhadap sekolah dan penyesuaian terhadap kurikulum sehingga mencapai 100 %.
Dari hasil pernyataan mereka mengaku merasa lelah dengan jam belajar yang lama
dan kegiatan yang sangat padat. Sedangkan permasalahan tentang keadaan
penghidupan hanya 60 %. Artinya kebanyakan peserta didik berasal dari orang tua
yang mampu dari segi ekonomi.
Hasil Evaluasi Proses yaitu: Prosedur dan Ruang lingkup pelaksanaan program BK
sesuai setandar pendidikan nasional. Pengelolaan program BK yang dilaksanakan di
sekolah mencakup empat aspek dengan hasil sebagai berikut: (1) Kualitas program
BK di sekolah dapat dikategorikan dengan kualitas sangat baik yaitu 83,45%. Karena
program BK yang telah disusun di sekolah telah menyentuh beberapa kegiatan
pelayanan, yaitu: pelayanan kepada peserta didik, pelayanan kepada guru, dan
layanan kepada orang tua siswa. (2) Kualitas administrasi dan organisasi BK di
sekolah dapat dikategorikan dengan kualitas yang baik yaitu 72,62%. Karena
administrasi dan organisasi BK di sekolah telah mencakup : ketersediaan ruang BK
sudah cukup memadai, ketersediaan personel (guru BK) belum memadai, sarana
material (sarana pisik dan sarana teknis) telah mendapat perhatian dari kepala
sekolah, dan struktur organisasi BK yang ada telah mampu memanage pelaksanaan
pelayanan BK. (3) Kualitas proses BK di sekolah dapat dikategorikan dengan
kualitas baik yaitu 75,98%. Karena proses pelaksanaan program yang mengarah pada
tujuan yang diharapkan. (4) Kualitas evaluasi hasil (produk) BK di sekolah dapat
dikategorikan dengan kualitas baik yaitu 79,26%. Karena jenis evaluasi pelaksanaan
program ini diadakan melalui peninjauan terhadap hasil yang diperoleh semua
personel BK yang berpartisipasi dalam kagiatan-kegiatan bimbingan dan melalui
peninjauan terhadap kegiatan itu sendiri dalam berbagai aspeknya. Hambatan kurang
tersedianya waktu untuk melaksanakan bimbingan secara klasikal berhubung
kegiatan program sekolah sangat padat sehingga waktu untuk memberikan layanaan
BK hanya bisa dilaksanakan dua minggu sekali sehingga kurang sesuai dengan
standar pendidikan nasional.
Hasil evaluasi produk yaitu: Adanya pandangan yang positif dari para lulusan
tentang program BK di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta sebagian besar peserta
didik merasakan hal yang bermanfa?at setelah mendapatkan layanan BK sehingga
mereka dapat lebih bisa melaksanakan tata tertib, berdisiplin, menyelesaikan
masalah, mengembangkan potensi yang dimilikinya, membuat rencana,
meningkatkan prestasi, lebih percaya diri, memilih program/jurusan yang tepat,
memilih kelompok belajar dengan tepat, mampu belajar lebih efektif dan efisien dan
menetapkan rencana masa depan.