OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00052
Judul : Pengaruh Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Kecamatan Cilandak
Pengarang : Endang Retnaningsih
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Pengaruh gaya Kognitif dan Motivasi Belajar
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00052 T091-00052 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 63990
 Abstrak
Endang Retnaningsih. Pengaruh Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Kecamatan Cilandak. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya kognitif dan Motivasi Berprestasi peserta didik terhadap kemampuan Berpikir Kreatif. Sampel penelitian difokuskan pada peserta didik kelas 8 yang dipilih secara acak pada empat sekolah negeri regular di kecamatan Cilandak yaitu: SMP Negeri 37, SMP Negeri 86, SMP Negeri 96 dan SMP Negeri 226. . Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif model survey yang dianalisis menggunakan tehnik analisis jalur (path analysis) dengan jumlah sampel sebanyak 283 peserta didik. Data-data penelitian diperoleh melalui ; tes gaya kognitif menggunakan tes baku Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin dan dialih bahasa oleh Degeng, tes motivasi berprestasi menggunakan instrumen kuesioner dengan reliabilitas sebesar 0,886 dan tes kemampuan berpikir kreatif menggunakan instrumen yang dikembangkan dari tes Torrance dengan reliabilitas interater sebesar 0,823. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan : (1) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kognitif (X1) terhadap kemampuan berpikir kreatif (X3) sebesar 0,387 dengan kontribusi sebesar 14,9 %. (2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi (X2) terhadap kemampuan berpikir kreatif (X3) sebesar 0,326 dengan kontribusi sebesar 10,6 %. (3) Terdapat pengaruh langsung positif Gaya kognitif (X1) terhadap motivasi berprestasi (X2) sebesar 0,555 dan kontribusi sebesar 30,80 %. Temuan penelitian membuktikan variabel gaya kognitif dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik . Dengan demikian perlu kiranya pendidik maupun orang tua senantiasa mengenali karakteristik gaya kognitif peserta didik sehingga dapat memperlakukan mereka secara tepat melalui pendekatan, teknik dan metode yang dapat memperkuat motivasi berprestasi. Kata kunci : Berpikir Kreatif, Gaya kognitif, Motivasi Berprestasi
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox