OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T091-00051
Judul : Pengaruh Penggunaan Bentuk Tes Formatif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Pengarang : BUDIYONO
Penerbit dan Distribusi : --- Pilih Fakultas / Unit ---
Subjek : Motivasi Belajar
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T091-00051 T091-00051 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 63989
 Abstrak
BUDIYONO. Pengaruh Penggunaan Bentuk Tes Formatif dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Progran Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji pengaruh penggunaan bentuk tes formatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dengan metode penelitian Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 40 orang siswa, dipilih berdasarkan tehnik multiple stage random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian sedangkan untuk motivasi belajar digunakan skala Likers. Instrumen hasil belajar kimia dengan tes pilihan ganda divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biserial dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Instrumen hasil belajar kimia dengan tes uraian dan motivasi belajar divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel motivasi belajar sebesar r11 = 0,9481; dan untuk variabel hasil belajar kimia sebesar r11 = 0,9831 Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasl belajar kimia antara kelompok siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian, di mana Fhitung (Ak)= 46,23.; pada taraf signifikansi 0,05; (2) terdapat interaksi antara penggunaan bentuk tes formatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia di mana Fhitung (I)= 5,49; pada taraf signifikansi 0,05; (3) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara kelompok siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian, untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Kelompok siswa yang menggunakan tes pilihan ganda memperoleh hasil belajar kimia dengan ratarata 26,70. Adapun kelompok siswa yang menggunakan tes uraian memperoleh hasil balejar dengan rata-rata 12,10; dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara kelompok siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dan tes uraian, untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Kelompok siswa yang menggunakan tes pilihan ganda memperoleh hasil belajar kimia dengan rata-rata 24,00. Adapun kelompok siswa yang menggunakan tes uraian memperoleh hasil balejar dengan rata-rata 20,90; Hasil penelitian ini berguna bagi perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini. Bahwa hasil belajar kimia dipengaruhi oleh bentuk tes formatif dan motivasi belajar.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox