Abstrak
FITRIYANA SETYOWATI, Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Gaya Belajar
Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Negeri
Sekecamatan Kebayoran Lama. Tesis, Jakarta : Program Pascasarjana, Jurusan
Megister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.
DR. Hamka, Juni 2012.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
bentuk tes formatif dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa.
Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika, kelompok siswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda dan yang
diberikan bentuk tes formatif yang berbeda.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 18 Jakarta pada
semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 × 2, dengan jumlah sampel
sebanyak 76 siswa. Untuk memperoleh data instrumen penelitian yaitu instrumen
perlakuan berupa bentuk tes formatif uraian dan pilihan ganda yang dirancang oleh
peneliti. Sedangkan untuk instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah instrumen gaya belajar siswa dan instrumen hasil belajar matematika. Teknik
analisi data yang digunakan adalah analisis varians, kemudian dilanjutkan dengan uji
t-dunnet pada taraf signifikan α = 0,05 untuk melihat kelompok mana yang lebih
unggul dari kelompok-kelompok yang dibandingkan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang berbeda hasil belajar matematika
antara kelompok siswa yang diberikan bentuk tes formatif uraian dan kelompok
siswa yang diberikan bentuk tes formatif pilihan ganda (Fhitung = 4,35 > 4,062 =
ABSTRACT
The aims of this research were to determine the effect of the
formative test and learning styles on student achievement in mathematics.
The gained scores were used as data for this research and
analysed by analysis of variance and tukey test at level of significance α =
0,05. The result indicated that: (1) the student achievement in
mathematics using the formative test essay different significant from those
using the formative test multiple choice (Fhitung = 4,35 > 4,062 = Ftabel);
(2) there was a significantly between learning styles field independent and
field dependent in mathematics (Fhitung = 9,67 > 4,062 = Ftabel); (3) there
was interaction between the formative test and learning styles which
affected the student achievement in mathematics (Fhitung =31,33 > 4,062 =
Ftabel).
From the result of this research it can be concluded that formative
test have affected and essay test has to considered separately in teaching
mathematics in an effort to enhance student echievement.
iii
Ftabel); (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang
memiliki gaya belajar field independent dan kelompok siswa yang memiliki gaya
belajar field dependent (Fhitung = 9,67 > 4,062 = Ftabel); (3) terdapat interaksi antara
pemberian bentuk tes formatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika
(Fhitung =31,33 > 4,062 = Ftabel).
Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa bentuk tes formatif dan
gaya belajar siswa dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika.