Abstrak
Miftahul Jawad. Hubungan Antara Metode Latihan dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Ujian Nasional IPA Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sekecamatan Batuceper. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara metode latihan dan motivasi belajar dengan hasil Ujian Nasional IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan perangkat tes try out UN IPA dan kuesioner sebagai instrumennya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Barkah, Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah, Madrasah Ibtidaiyah
Darussalam, dan Madrasah Ibtidaiyah Nururrohman berjumlah 131 siswa yang telah dirandom dari populasi menggunakan teknik cluster random sampling. Ketiga hipotesis penelitian ini telah teruji kebenarannya, yaitu dengan hasil sebagai berikut: pertama, terdapat hubungan positif antara metode latihan dengan hasil Ujian Nasional IPA dengan persamaan regresi Ŷ = 3.761 + 0.565 X1, koefisien korelasinya 0.682 dan koefisien determinasinya sebesar 0.465 pada alpha 0.05. Kedua, terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan hasil Ujian Nasional IPA dengan persamaan regresi Ŷ = 5.338 + 0.401 X2, koefisien korelasinya 0.495 dan koefisien determinasinya sebesar 0.245 pada alpha 0.05. Ketiga, terdapat hubungan positif antara metode latihan dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil
Ujian Nasional IPA dengan persamaan regresi Ŷ = 2.902 + 0.477 X1 + 0.207 X2, koefisien korelasinya 0.721 dan koefisien determinasinya sebesar 0.519 pada alpha 0.05. Dalam perhitungan korelasi parsial antara Y dengan X1 jika X2 dikontrol didapat ry1.2 = 0.603 dengan th = 2.58 > tt(0.975;129) = 1.96, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolah
yang artinya signifikan. Begitu juga korelasi parsial antara Y dengan X2 jika X1 dikontrol didapat ry1.2 = 0.318 dengan th = 3.81 > tt(0.975;129) = 1.96, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolah yang artinya signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen memberikan kontribusi kepada hasil Ujian Nasional IPA, yaitu metode latihan memberikan kontribusi sebesar 46,5 %, motivasi belajar sebesar 24,5 %. Dengan demikian, dengan meningkatkan metode latihan dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil Ujian
Nasional IPA Siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah. Mengingat pentingnya metode latihan dan motivasi belajar terhadap hasil Ujian Nasional IPA siswa, pihak sekolah dan orang tua harus lebih memberikan dukungan dan semangat sehingga metode latihan dan motivasi belajarnya meningkat dan akan memberikan dampak positif terhadap hasil Ujian Nasional IPA.