OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00489
Judul : PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH DASAR DI GUGUS 10 JAKASAMPURNA BEKASI BARAT
Pengarang : TIAS KARTIKA SARI
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : Leadership
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00489 T092-00489 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 63916
 Abstrak
Tias Kartika Sari. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru Terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2013. Maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya pengaruh antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat; (2) terdapat pengaruh langsung positif Etos Kerja Guru terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat; dan (3) terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi target dalam penelitian ini sebanyak 147 guru. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 107 orang guru dengan sebaran 7 Sekolah Dasar di Gugus 10 Jakasampurna Bekasi Barat, yaitu SD Global Prestasi, SDIT Al Iman, SDN Bintara Jaya 1, SDN Bintara Jaya 3, SDN Bintara Jaya 4, SDN Bintara Jaya 5, dan SDN Bintara Jaya 6. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Sampel untuk uji coba instrumen sebanyak 30 orang guru, yang diambil di luar dari sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas dengan kriteria jika hasil pengujian rhitung > rkritis pada α = 0,05 (0,361) maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataannomor 15, 16 dan 36 pada variabel X3, item nomor 34 pada variabel X1, dan item nomor 11, 19, 29 dan 34 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian. Untuk reliabilitas digunakan nilai Alpha Cronbach. Sesuai hasil perhitungan reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel Kualitas Pelayanan Sekolah rhitung = 0,947; variabel Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah rhitung = 0,940; dan variabel Etos Kerja Guru rhitung = 0,952. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah (X3) dengan persamaan regresi = 13,26 + 0,920 X1, dengan koefisien korelasi r13 = 0,943, path analisys (koefisien jalur) p31 = 0,477 dan koefisien determinasi atau D (r13)2 = 0,889 signifikan pada α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Etos Kerja Guru (X2) terhadap Kualitas Pelayanan Sekolah (X3) dengan persamaan regresi = 4,86 + 0,970 X2 dengan koefisien korelasi r23 = 0,943, path analisys (koefisien jalur) p32 = 0,818 dan koefisien determinasi atau D (r23)2 = 0,892 signifikan pada α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Etos Kerja Guru (X2) dengan persamaan regresi Ŷ = 21,28 + 0,860 X1, dengan koefisien korelasi r12 = 0,905, path analisys (koefisien jalur) p21 = 0,905 dan koefisien determinasi D (r12)2 = 0,819 signifikan pada α = 0,05. ∧X 3 ∧X 3 ∧X 2 Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan Kualitas Pelayanan Sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox