OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00482
Judul : PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KOTA DEPOK
Pengarang : Helva Roza
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : Leadership
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00482 T092-00482 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 63867
 Abstrak
HELVA ROZA, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Depok. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juli 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Depok dengan tujuan untuk mengetahui tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Depok dengan fokus penelitian terhadap guru yang berstatus Pegawai Negeri. Metode yang dipergunakan adalah kuantitatif, dan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan path analysis terhadap 3 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Depok, melalui pengisian kuesioner/angket dengan menggunakan skala model Likert kepada responden guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 sejumlah 54 orang guru, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 sejumlah 51 orang guru, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 sejumlah 11 orang guru. Dengan total populasi 164 orang guru.Dalam penelitian ini hampir semua populasi terjangkau dijadikan sampel, karena untuk penelitian diambil sebagai sampel 116 orang sedangkan untuk uji coba instrumen dengan jumlah 30 orang jadi seluruhnya sekitar 116 orang guru dari 164 guru yang ada, sampling dilakukan secara proportionate random menggunakan rumus Slovin,dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas dengan kriteria jika hasil pengujian rhitung > rkritis pada α= 0,05 (0,361) maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 17 dan 22 pada variabel X3, item nomor 37 pada variabel X1, dan item nomor 36 pada variabel X2 sehingga item-item tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian.Untuk reliabilitas digunakan nilai Alpha Cronbach. Sesuai hasil perhitungan reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah rhitung = 0,963, variabel kepuasan kerja guru rhitung = 0,964, dan variabel iklim kerja rhitung = 0,975. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; 1) Berdasarkan persamaan regresi sederhana X3 atas X1, terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3), dengan persamaan regresi 3 X?= 63,948 + 0,604X1 dengan koefisien korelasi r13 = 0,681, path analisys (koefisien jalur) p31 = 0,49 dan koefisien determinasi atau D (r13)2 = 0,463 signifikan pada α = 0,05. 2) Berdasarkan persamaan regresi sederhana X3 atas X2, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Kerja (X2) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3),persamaan regresi 3 X? = 76,011 + 0,567X2 dengan koefisien korelasi r23 = 0,615, path analisys (koefisien jalur) p32 = 0,32 dan koefisien determinasi atau D (r23)2 = 0,379 signifikan pada α = 0,053) Berdasarkan persamaan regresi sederhana X2 atas X1, terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Iklim Kerja (X2), dengan persamaan regresi 2 X? = 60,827 + 0,569X1 dengan koefisien korelasi r12 = 0,590, path analisys (koefisien jalur) p21 = 0,59 dan koefisien determinasi D (r12)2 = 0,348 signifikan pada α = 0,05. Hasil penelitian ini berguna untuk kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kepuasan kerja guru. Hal ini perlu dipahami bahwa setiap kepala sekolah harus mempunyai kemampuan untuk memengaruhi guru dan staf organisasi sekolahnya untuk mengarahkan dengan cara kepatuhan, kepercayaan, hormat dan bersemangat untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan pendidikan. Kepala sekolah juga harus memotivasi, menjadi contoh, sabar dan penuh pengertian agar dapat mewujudkan visi dan misi sekolah bersama-sama.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox