OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T092-00448
Judul : EVALUASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS BAITUL MAAL KECAMATAN PONDOK AREN TANGERANG SELATAN
Pengarang : Titin Nuraini
Penerbit dan Distribusi : MAP
Subjek : Manajemen Pendidikan Dasar
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T092-00448 T092-00448 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 62741
 Abstrak
Titin Nuraini, Evaluasi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal Kecamatan Pondok Aren Tangerang Selatan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ditinjau dari dimensi konteks, input, proses dan produk. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal Kecamatan Tangerang Selatan. Penelitian evaluasi ini menggunakan metode kombinasi metode deskriptif dan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Untuk memperoleh data menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dianalisis secara kualitatif dengan model interaksi Miles dan Huberman. riangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, TU, pengawas, Komite sekolah, orangtua siswa dan siswa. Kesimpulan hasil evaluasi adalah sebagai berikut: (1) kesesuaian konteks MBS yang meliputi empat aspek evaluasi yaitu kebijakan pemerintah dan kebijakan sekolah, analisis kebutuhan lingkungan sekolah, visi, misi dan tujuan, dan Rencana Pengembangan Sekolah SDIP Baitul Maal pada aktualisasi 80% sesuai dengan standar evaluasi konteks yang telah ditetapkan, masuk dalam kategori tinggi/baik; (2) kesesuaian input MBS dengan standar input yang meliputi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, pembiayaan pendidikan, sarana prasarana pendidikan pada aktualisasi 75% sesuai dengan standar evaluasi konteks yang telah ditetapkan, masuk dalam kategori tinggi/baik; (3) kesesuaian proses MBS dengan standar proses yang meliputi pengambilan keputusan, proses pembelajaran dan partisipasi masyarakat berada pada aktualisasi 85%, masuk dalam kategori tinggi/baik; (4) kesesuaian produk MBS dengan standar produk yang meliputi pencapaian prestasi akademik siswa dengan pemenuhan KKM pada rapor dan nilai UN dan prestasi non akademik siswa dengan nilai aktualisasi sebesar 90%, masuk dalam kategori sangat tinggi/sangat baik. Hasil dari evaluasi ini menunjukkan bahwa implementasi MBS di SDIP Baitul Maal sudah berjalan dengan baik dan optimal. Hal ini terlihat dari pencapaian prestasi akademik dan prestasi non akademik menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDIP Baitul Maal akan meningkatkan mutu pendidikan dan evaluasi menggunakan model CIPP dapat mengetahui kendala serta rencana pemecahan masalah yang terjadi. Strategi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah yang dapat meningkatkan mutu pendidikan antara lain adalah menciptakan prakondisi yang kondusif untuk dapat menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah, dengan peningkatan kapasitas dan komitmen seluruh warga sekolah. Dan mengkondisikan budaya sekolah (school culture) yang demokratis, transparan, dan akuntabel. Peran pemerintah pusat bertindak dalam monitoring dan evaluasi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Perlu adanya monitoring pada Implementasi MBS yang dapat mengukur kualitas kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan tuntutan pertanggungjawaban (accountability) yang relatif tinggi.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox