Abstrak
ENI ASTUTI. NIM: 0801125048. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diberikan Brain Gym Menggunakan Audio Visual Dan Yang Tidak Diberikan Brain Gym Menggunakan Audio Visual di SMP Negeri 11 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Juli. 2012. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 26 soal yang valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh hitung tabel r = 0,906 > 0,361 = r , dengan rtabel, a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) =
58 maka soal instrumen dinyatakan reliabel. Uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk yang diberikan Brain Gym menggunakan Audio Visual diperoleh hitung tabel L = 0,158 < 0,161 = L , dengan Ltabel a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58, sedangkan untuk yang tidak diberikan Brain Gym menggunakan Audio Visual hitung tabel L = 0,101 < 0,161 = L , dengan Ltabel a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) =
58, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh
hitung tabel F = 1,825 < 1,861 = F , Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan pembilang = 29 serta derajat kebebasan penyebut = 29, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji?t didapat hitung tabel t = 6,537 > 2,002 = t dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaavn hasil belajar matematika siswa yang
diberikan Brain Gym menggunakan Audio Visual dan yang tidak diberikan Brain Gym menggunakan Audio Visual.