OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S015-00335
Judul : Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa antara Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dengan Peta Konsep (Concept Mapping) pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis di SMA N 47 Jakarta.
Pengarang : ISKA ORINANDA ARMAN.
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S015-00335 S015-00335 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 59211
 Abstrak
ISKA ORINANDA ARMAN. NIM: 0801135007. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa antara Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dengan Peta Konsep (Concept Mapping) pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis di SMA N 47 Jakarta. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa antara Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) dengan Peta Konsep (Concept Mapping) pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis di SMA N 47 Jakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dengan peta konsep (concept mapping). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 47 Jakarta pada semester genap (semester kedua) tahun pelajaran 2011/2012. Pelaksanaan penelitian mulai tanggal 12 Maret sampai dengan 11 Mei 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi target yaitu seluruh siswa SMA Negeri 47 Jakarta, sedangkan populasi terjangkaunya seluruh siswa kelas XI IPA. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probability sampling yang ditentukan secara acak sederhana dan diambil sebanyak 30 siswa dari kelas XI IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa dari kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol. Tekhnik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes obyektif atau pilihan ganda berupa 30 soal valid dan reliabel yang kemudian dihitung tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua varian (uji fisher). Dari hasil pengujian normalitas hasil belajar fisika untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,117 dan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,136 sedangkan Ltabel = 0,161untuk kedua kelas tersebut. karena Lhitung< Ltabel, maka dapat disimpulkan sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan dari pengujian homogenitas didapat nilai Fhitung untuk hasil belajar fisika siswa sebesar 1,06 dengan Ftabel = 1,86 karena Fhitung< Ftabeel maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut memiliki kondisi yang homogen. Dari hasil analisis deskripsi data didapat nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 86,73 sedangkan kelas kontrol 80,67 ini berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 3,241 dan ttabel = 2,04 untuk α = 0,05. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dengan peta konsep (concept mapping).
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox