Abstrak
SITI NURJANAH WASI?AH. NIM: 0801135012. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMAN 1 Setu Kabupaten Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh hasil belajar Fisika siswa antara siswa yang diajarkan menggunakan media gambar dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat pengaruh hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan media gambar dan tanpa menggunakan media gambar?. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Setu Kabupaten Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Setu Kabupaten Bekasi, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X3 dan X4. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik Simple Random sampling (acak sederhana) dengan sampel 39 siswa. Sampel yang diteliti sebanyak 78 siswa yang terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes obyektif yaitu pilihan ganda sebanyak 30 soal yang valid (biserial) dan reliabel (Kuder Richarson-20), selanjutnya menghitung taraf kesukaran dan daya pembeda instrumen. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf 0,05, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua varian (uji fisher). Uji normalitas dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 39 untuk Kelas eksperimen memiliki Lhitung = 0,108 < 0,142 = Ltabel dan kelompok kontrol memiliki Lhitung = 0,082 < 0,142 = Ltabel maka disimpulkan bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang dan dk penyebut = 38 adalah karena F(0,95;(38,38)< Fhitung< F(0,05;(38,38)(0,581 < 1,315 < 1,720), maka disimpulkan varians kedua kelas adalah homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 76 adalah 3,444 karena thitung = 3,444 > 1,667 = ttabel , maka H0 ditolak. Kesimpulannya bahwa H1 diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar lebih tinggi sedangkan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar lebih rendah.
iii