OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S015-00330
Judul : Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Getaran dan Gelombang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tangerang.
Pengarang : DESTI NOVIYANTI.
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S015-00330 S015-00330 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 59195
 Abstrak
DESTI NOVIYANTI. NIM : 0801135002. Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Getaran dan Gelombang Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Juli 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar fisika ?. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Tangerang, kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran PQ4R sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA fisika. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation diperoleh 25 soal yang valid dan 5 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 rhitung = 0,7872 > 0,3610 = rtabel, maka instrumen dinyatakan reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,1436 < 0,1498 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,1040 < 0,1498 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,7505 < 1,76 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 3,0476 > 1,6687 = ttabel dengan taraf signifikansi a = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar fisika.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox