OPAC
Perpustakaan UHAMKA
Knowledge become power only when we put it into use
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S017-00652
Judul : Pengaruh Strategi Pembelajaran Melalui Pemberian Latihan Soal Berjenjang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 6 Tangerang.
Pengarang : DESY PRADINA
Penerbit dan Distribusi :
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S017-00652 S017-00652 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 59183
 Abstrak
DESY PRADINA. NIM: 0801125034. Pengaruh Strategi Pembelajaran Melalui Pemberian Latihan Soal Berjenjang terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 6 Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Juli 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran melalui pemberian latihan soal berjenjang terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:? Terdapat pengaruh strategi pembelajaran melalui pemberian latihan soal berjenjang terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Tangerang kelas XI IPS (sebelas IPS) pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Sample yang diteliti sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: strategi pembelajaran melalui pemberian latihan soal berjenjang. Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas, sehingga diperoleh 30 butir soal yang valid. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,080 < 0,147 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,104 < 0,147 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample diperoleh dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,152 < 1,757 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t di dapat t hitung = 3,511> 1,994 = t tabel dengan taraf signifikansi a=0,05 . Hal ini berarti tolak , maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran melalui pemberian latihan soal berjenjang terhadap hasil belajar matematika siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan UHAMKA || Tampilan terbaik dengan  Firefox