Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kompetensi pedagogic dan professional terhadap prestasi belajar siswa kelas dua belas SMA di Kupang. Penelitian ini menggunakan metode survey yaitu survey terhadap 29 guru bahasa Inggris dan prestasi siswa kelas dua belas pada SMA Negeri di Kupang. Metode pengumpulan data menggunakan kuestioner untuk mengukur kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru bahasa Inggris, sedangkan data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan dokumen tentang nilai rata-rata kelas dua belas ujian akhir nasional untuk bidang studi bahasa Inggris. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogic dan kompetensi professional berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi siswa kelas dua belas SMA Negeri di Kupang NTT.
kompetensi pedagogic, kompetensi professional, prestasi siswa.