Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perkembangan Gramatikal Morfem (kata jamak berakhiran ?s dan kata kerja waktu lampau berakhiran ?ed) dalam tulisan dan untuk menganalisa perkembangan pembentukan sintaksis (penyatuan klausa dan) dalam tulisan seorang anak Indonesia yang belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Sekolah HighScope Indonesia ? Unit Alfa Indah, Jakarta.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan merupakan penelitian longitudinal dimana data yang dikumpulkan berasal dari kumpulan portfolio (kumpulan dari tulisan-tulisan subyek penelitian) selama 3 tahun (July 2005 ? Juni 2008) dimana pada saat itu subyek penelitian berumur 5 sampai 8 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran subyek penelitian sangat mendekati prinsip-prinsip universal dari pemerolehan bahasa : urutan dari penerimaan beberapa gramatikal morfem (kata jamak berakhiran ?s dan kata kerja waktu lampau berakhiran ?ed) sama dengan perkembangan anak Inggris pada umumnya, dan perkembangan pembentukan sintaksis (penyatuan klausa dan) walaupun tidak terlalu sama dengan perkembangan anak Inggris, namun tetap mendekati prinsip-prinsip universal dari pemerolehan bahasa. Dengan mengekpos dan memberikan latihan-latihan, pemerolehan bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing bisa sama atau hampir sama dengan pemerolehan Bahasa Kedua atau bahkan pemerolehan Bahasa Pertama.