OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S014-00488
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas X SMA Mandiri Balaraja Kabupaten Tangerang.
Pengarang : ARIES TIA DEWI
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S014-00488 S014-00488 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58954
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X SMA Mandiri Balaraja Kabupaten Tangerang pokok bahasan Ekosistem dan Pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Eskperimen. Populasi penelitian ini berjumlah 171 siswa. Sampel penelitian berjumlah 76 siswa, dimana kelas X-1 berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-3 yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pelakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan dikelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dengan masing-masing empat kali perlakuan untuk materi ekosistem dan pencemaran lingkungan. Kemudian penguasaan konsep diukur dengan menggunakan tes sebanyak 30 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi dari pada penguasaan konsep kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 68,05, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 56,18. Uji hipotesis pada taraf 5 % menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep Biologi siswa kelas X SMA Mandiri Balaraja Kabupaten Tangerang
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox