Abstrak
Penelitian ini bertujuan : pertama, untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan produktivitas ; kedua, untuk mengetahui hubungan disiplin kerja dengan produktivitas ; dan ketiga, untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin kerja secara bersama ? sama dengan produktivitas kerja guru.
Hipotesis yang penulis uji adalah (1) Terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja guru; (2) Terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dengan Produktivitas kerja guru; dan (3) Terdapat hubungan positif antara motivasi dan disiplin kerja secara bersama ? sama dengan produktivitas.
Penelitian dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner. Populasi objek penelitian adalah 62 orang dengan mengambil 30 sampel dari populasi tersebut dengan teknik stratified random sampling .
Instrumen penelitian pada penelitian ini didasarkan pada teknik validitas eksternal dan test retest reliabelitas. Data dianalisa dengan metode kolerasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hal ? hal sebagai berikut : Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja Guru yang dapat dimodelkan Y = 24,364 + 0,339X1 dengan tingkat signifikan 0.003.
Kedua, terdapat hubungan signifikan antara disiplin kerja dengan produktivitas kerja Guru yang dapat dimodelkan Y = 30,067 + 0,220X2 dengan tingkat signifikan 0.02.
Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dan disiplin kerja secara simultan dengan produktivitas kerja Guru yang dapat dimodelkan Y = 18,070 + 0,305X1 + 0,186X2, dengan tingkat signifikan 0,001.
Penelitian ini diharapan berguna bagi SMK Tanjung Priok II Jakarta Utara dalam usaha menjaga motivasi kerja dan disiplin kerja guru, sehingga dapat dicapai produktivitas kerja guru yang tinggi.