OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00018
Judul : Hubungan kegiatan ekstrakulikuler pramuka dengan pembentukan kedisiplinan siswa SDN Ciracas 12 Petang Jakarta Timur
Pengarang : Dewi Sartika
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Disiplin dalam Pramuka
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00018 S022-00018 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58897
 Abstrak
ABSTRAK DEWI SARTIKA. NIM : 0701045297. ? Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Pembentukan Kedisiplinan Siswa SDN Ciracas 12 Petang, Jakarta Timur?. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2011 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan pembentukan kedisiplinan siswa SDN Ciracas 12 Petang Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitiannya berbentuk penelitian survei yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut sehingga ditemukan kejadian relatif, distribusi, dan hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Ciracas 12 Petang Jakarta Timur kelas I sampai dengan kelas VI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang jumlahnya sebanyak 400 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV dan kelas V sebanyak 40 siswa dengan perincian siswa kelas IV = 15 siswa dan kelas V = 25 siswa. Tehnik penarikan sampel menggunakan sampel kuota. Hasil penghitungan korelasi didapat nilai rhitung sebesar 0,733 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,312 hal ini menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,733 > 0,312), dari perhitungan determinasi didapat 53,72%. Berdasarkan analisis data di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka mempunyai pengaruh terhadap pembentukan kedisiplinan siwa. Semakin aktif kegiatan pramuka yang diikuti oleh siswa maka semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa, begitupun sebaliknya semakin pasif kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang diikuti oleh siswa maka semakin rendah pula tingkat kedisiplinan siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox