Abstrak
Tesis ini dimaksudkan dalam hal menerapan kerja kelompok didalam kelas percakapan untuk para mahasiswa LP3I yang sedang mempelajari kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Peneliti melakukan penelitiannya di LP3I Jakarta Petukangan, dengan tujuan menemukan cara pembelajaran berbahasa Inggris yang effektif di kalangan mahasiswa LP3I. penelitian ini di fokuskan kepada menerapan kerja kelompok dan beberapa kegiatan berkelompok di dalam kemampuan anak berbicara bahasa inggris yang
dilakukan didalam kelas. Alat penelitian yang digunakan didalam meneliti adalah wawancara, pemantauan dan dokumen. Pemantauan dilakukan didalam kelas percakapan dengan dua puluh tiga mahasiswa yang terlibat didalam proses pembelajaran. Dalam proses pemantauan kegiatan dalam proses pembelajarn juga dilakukan melalui rekaman video. Didalam wawancara peneliti melibatkan pengajar yang mengajar materi yang sama dan beberapa mahasiswa yang terlibat langsung didalam proses pembelajaran. Penerapan kerja kelompok dilakuakan langusng oleh peneliti didalam proses belajar mengajar dalam tujuh pertemuan. Beberapa kegiatan kelompok yang berbeda di terapkan didalam proces pembelajaran berbicara bahasa inggris yang dilakukan didalam kela. Tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui kerja kelompok.
Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kerja kelompok didalam kemampuan berbahasa inggris. Materi yang digunakan diambil dari buku pegangan mahasiswa yang berasal dari insitusi terkait.