OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S013-00070
Judul : Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Tahun Akademik 2011/2012
Pengarang : Defita Dwi Ambar Sari
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : KEBIASAAN MENDENGARKAN LAGU JEPANG
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S013-00070 S013-00070 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58845
 Abstrak
ABSTRAKSI DEFITA DWI AMBAR SARI. NIM: 0801075004: Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Rasa syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena telah memberikan kelancaran dalam pembuatan skripsi ini. Judul skripsi ini adalah Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus diserahkan sebagai bahan kualifikasi kelulusan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Choukai merupakan mata pelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang. Mata pelajaran choukai adalah menyimak suatu pembicaraan dalam bahasa Jepang. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan choukai. Salah satu nya adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Jepang. Oleh karena itu penulis memilih judul Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 sebagai bahan penelitian. viii Adapun permasalahan dalam penelitian ini, diantaranya : 1) Bagaimana hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012? 2) Adakah hubungan (korelasi) antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012? 3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012? Tujuan penelitian ini terdiri atas : 1) Mengetahui hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. 2) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. 3) Mengetahui bagaimana taraf hubungan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mencari hubungan (korelasi) diantara variabel. Instrumen penelitian menggunakan tes choukai, tes mendengarkan lagu dan angket kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang. Sampel penelitian berasal dari mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 yang berjumlah 24 orang. Kemudian didapatkan hasil analisis data diantaranya nilai analisis regresi korelasi Ẏ=19.7985+0.5004X. Hal ini menunjukan bahwa setiap peningkatan 1 skor kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dapat diketahui dengan perubahan nilai hasil kemampuan choukai sebesar 0.5004 pada konstanta 19.7985. Rata-rata hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 adalah 47.78, tergolong tidak baik. Berdasarkan hasil pengujian telah terbukti bahwa tidak terdapat hubungan (korelasi) yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang terhadap kemampuan choukai bagi mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi dan taraf signifikansi 5% yang menyatakan bahwa harga ttabel lebih besar dari thitung atau 2.074>1.6472. Dan meskipun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang terhadap kemampuan choukai bagi mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012, bukan berarti tidak ada sama sekali hubungan diantaranya melainkan terdapat tingkat hubungan yang tergolong rendah dengan memberikan pengaruh antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang terhadap kemampuan choukai sebesar 10.98%. Penyusunan skripsi yang pertama, Bab 1 merupakan pendahuluan yang terdiri oleh latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, manfaat penelitian, definisi operasional dan sistemetika penulisan. Berikutnya, Bab 2 merupakan landasan teori, diantaranya pengertian hubungan (korelasi), pengertian kebiasaan, pengertian mendengarkan, pengertian choukai, dan pengertian lagu. Lalu, Bab 3 merupakan metode penelitian yang terdiri dari tujuan operasional penelitian, tempat, waktu, objek dan subjek penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, hipotesis statistik, dan teknik analisis data. Lalu, Bab 4 menjelaskan tentang hasil penelitian, diantaranya adalah deskripsi data, analisis hasil penelitian, interpretasi data, pengujian hipotesis, kesimpulan uji statistik. Dan yang terakhir, Bab 5 terdiri atas kesimpulan dan saran.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox