Abstrak
ABSTRAKSI
DEFITA DWI AMBAR SARI. NIM: 0801075004: Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012.
Rasa syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT karena telah memberikan kelancaran dalam pembuatan skripsi ini. Judul skripsi ini adalah Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus diserahkan sebagai bahan kualifikasi kelulusan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Choukai merupakan mata pelajaran dalam pembelajaran bahasa Jepang. Mata pelajaran choukai adalah menyimak suatu pembicaraan dalam bahasa Jepang. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan choukai. Salah satu nya adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Jepang. Oleh karena itu penulis memilih judul Hubungan Antara Kebiasaan Mendengarkan Lagu Bahasa Jepang Dengan Kemampuan Choukai Mahasiswa Tingkat Dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 sebagai bahan penelitian.
viii
Adapun permasalahan dalam penelitian ini, diantaranya :
1) Bagaimana hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik
2011/2012?
2) Adakah hubungan (korelasi) antara kebiasaan mendengarkan lagu
bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua
Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun
Akademik 2011/2012?
3) Bagaimana hubungan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa
Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik
2011/2012?
Tujuan penelitian ini terdiri atas :
1) Mengetahui hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program
Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik
2011/2012.
2) Mengetahui apakah terdapat hubungan antara kebiasaan
mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai
mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP
UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012.
3) Mengetahui bagaimana taraf hubungan antara kebiasaan
mendengarkan lagu bahasa Jepang dengan kemampuan choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP
UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk
mencari hubungan (korelasi) diantara variabel. Instrumen penelitian menggunakan
tes choukai, tes mendengarkan lagu dan angket kebiasaan mendengarkan lagu
bahasa Jepang. Sampel penelitian berasal dari mahasiswa tingkat dua Program Studi
Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 yang
berjumlah 24 orang.
Kemudian didapatkan hasil analisis data diantaranya nilai analisis regresi
korelasi Ẏ=19.7985+0.5004X. Hal ini menunjukan bahwa setiap peningkatan 1 skor
kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang dapat diketahui dengan perubahan
nilai hasil kemampuan choukai sebesar 0.5004 pada konstanta 19.7985. Rata-rata
hasil belajar choukai mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa
Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012 adalah 47.78, tergolong tidak
baik. Berdasarkan hasil pengujian telah terbukti bahwa tidak terdapat hubungan
(korelasi) yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang
terhadap kemampuan choukai bagi mahasiswa tingkat dua Program Studi
Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012. Hal ini
dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi dan taraf signifikansi 5% yang
menyatakan bahwa harga ttabel lebih besar dari thitung atau 2.074>1.6472. Dan meskipun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang terhadap kemampuan choukai bagi mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Akademik 2011/2012,
bukan berarti tidak ada sama sekali hubungan diantaranya melainkan terdapat
tingkat hubungan yang tergolong rendah dengan memberikan pengaruh antara
kebiasaan mendengarkan lagu bahasa Jepang terhadap kemampuan choukai
sebesar 10.98%.
Penyusunan skripsi yang pertama, Bab 1 merupakan pendahuluan yang
terdiri oleh latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, manfaat penelitian,
definisi operasional dan sistemetika penulisan.
Berikutnya, Bab 2 merupakan landasan teori, diantaranya pengertian
hubungan (korelasi), pengertian kebiasaan, pengertian mendengarkan, pengertian
choukai, dan pengertian lagu.
Lalu, Bab 3 merupakan metode penelitian yang terdiri dari tujuan operasional
penelitian, tempat, waktu, objek dan subjek penelitian, variabel penelitian, teknik
pengumpulan data, hipotesis statistik, dan teknik analisis data.
Lalu, Bab 4 menjelaskan tentang hasil penelitian, diantaranya adalah
deskripsi data, analisis hasil penelitian, interpretasi data, pengujian hipotesis, kesimpulan uji statistik.
Dan yang terakhir, Bab 5 terdiri atas kesimpulan dan saran.