OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S07-00444
Judul : Hubungan Implementasi KTSP dengan Kinerja Guru Agama Islam (Studi Kasus di SD Islam At Taubah Jakarta Timur)
Pengarang : Nur Safitria Anjani
Penerbit dan Distribusi : FAI
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S07-00444 S07-00444 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58786
 Abstrak
KTSP ( variabel X ) dalam penelitian ini seperti yang telah banyak diketahui oleh lembaga pendidikan mempunyai peran yang signifikan dalam membuat sekolah menuju kemandiriannya. Dikatakan demikian karena gambaran besar KTSP itu sendiri memang memberi keleluasaan kepada sekolah dalam mengatur rumah tangganya sendiri. Namun tetap dalam koridor yang disepakati pemerintah KTSP, menurut penulis merupakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan dalam mendesain kualitas pendidikannya dan kurikulum ini memang sewajarnya dikembangkan saat ini. Selanjutnya mengenai variabel Y yaitu Kinerja Guru Agama Islam. Pada hakikatnya, guru yang menyandang inisial ? Agama Islam ? telah sadar betul bahwa dia mempunyai perbedaan, baik dari segi akhlak / kode etik sang guru, maupun cara kinerja guru agama Islam, seperti yang penulis sedang teliti ini. Dengan demikian Penelitain ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Hubungan Implementasi KTSP Dengan Kinerja Guru Agama Islam di Sekolah Dasar Islam At Taubah Jakarta Timur. Skripsi yang penulis kerjakan di Jakarta ini kira ? kira berlangsung dari Bulan Mei ( setelah program KKS ) sampai dengan Bulan September. Metode yang digunakan yaitu metode studi korelasi yang merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru ? guru yang telah mengimplementasikan KTSP ( variabel X ) dan siswa / i kelas V yang telah merasakan bagaimana Kinerja Guru Agama Islam ( Variabel Y ). Pengambilan sampel secara simple random sampling. Sampel diambil sebanyak 10 orang guru ( Variabel X ) dan sebanyak 30 siswa ( Variabel Y ). Angka tersebut penulis dapatkan dengan menggunakan perhitungan rumus sampel dari Issaac Michael dengan taraf kesalahan 5%. Sehingga perwakilan sampel tersebut sudah sebesar 95% mewakili populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Untuk Uji Validitas instrument variabel X dilakukan dengan teknik korelasi point Biserial ( Point Biserial Correlation ), sedangkan variabel Y nya dengan rumus korelasi product moment. Selanjutnya untuk Uji Reliabilitas variabel X dilakukan dengan teknik belah dua dari Spearman Brown ( Split half ), dalam hal ini penulis menggunakan KR 20, sedangkan Variabel Y nya memakai rumus Al[ha. Uji persyaratan analisis data adalah uji linieritas. Uji Linieritas didapat F hitung sebesar 63,92, hal ini lebih besar dari F tabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 5, 32. Jadi pada kedua variabel, baik X maupun Y tersebut adalah linier.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox