OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00016
Judul : Upaya meningkatakan kempuan membaca nyaring melalui pendekatan CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) siswa kelas II SD ISLAM AL-AZHAR 20 Cibubur
Pengarang : Hafiyya Fajriani
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Membaca Melalui Pendekatan CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00016 S022-00016 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58779
 Abstrak
ABSTRAK HAFIYYA FAJRIANI. 0901047021. ? Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas II SD Islam Al Azhar 20 Cibubur?. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA Jakarta, Juli 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2011 di SD Islam Al Azhar 20 Cibubur. Sampel penelitian terdiri dari 37 peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes yang terdiri dari uraian. Banyak siklus yang dilakukan adalah 2 siklus dengan 3 kali pertemuan disetiap siklusnya. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan penghimpunan data, paparan data, dan penyimpulan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I perolehan nilai siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 63,99dan sudah banyak yang mencapai KKM, terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 90,32 dimana keseluruhan jumlah total siswa sudah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di kelas II SD Islam Al Azhar 20 Cibubur. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa. Pendekatan Contextual Teaching and Learning secara efektif dalam pembelajaran merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia agar lebih baik.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox