Abstrak
ABSTRAK
Sulhiyah, NIM: 0801075030. Efektifitas Media Authentic Material Terhadap Pembelajaran Meishi Bahasa Jepang di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang.
Skripsi Jakarta: Tahun 2012, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Dalam proses belajar mengajar ada beberapa faktor yang berpengaruh
terhadap hasil belajar, diantaranya yaitu media yang digunakan dalam
pembelajaran kurang memadai, sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang mendukung, motivasi belajar siswa yang masih kurang, minat belajar siswa yang rendah, bekal keterampilan dan pengetahuan siswa tentang bahasa Jepang yang masih rendah.
Bagi para pembelajar yang termasuk lower-level cognitive skills yang
lazimnya berada di kelas pemula pemakaian ?authentic materials? yang
menekankan aspek bentuk sangat penting untuk menjembatani kesenjangan komunikasi di antara pembelajar dan pengajar. Dengan menggunakan media ?authentic materials? yang tepat para pembelajar akan dapat mengikuti pelajaran dengan memanfaatkan pengetahuan dasarnya untuk menebak materi pelajaran yang dipelajarinya.
Dengan menggunakan media authentic material ini peneliti ingin
mengetahui kemampuan meishi siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media authentic material dan juga perbedaan penguasaan meishi bahasa jepang pada kelas eksperimen dan kelas control tersebut.
Instrument penelitian yang terdiri dari soal pretes dan postes dan angket.
Soal ini disebarkan pada siswa kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen dan X AP 3 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 2 Kabupaten Tangerang dengan jumlah siswa 40 orang.
Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kemampuan pembelajaran meishi siswa yang menggunakan media authentic material dengan siswa yang tidak menggunakan media authentic material dalam pembelajaran meishi bahasa Jepang di SMK dengan hasil skor rata-rata kelas eksperimen 73.5 dan hasil skor kelas kontrol adalah 68.4. Hasil penelitian yang diperoleh melalui rumus uji t, thitung (th) yang diperoleh adalah 3.81 dan ttabel (tt) yang diperoleh dari derajat kebebasan (dk) 78 dan taraf signifikan 0.05, diperoleh
ttabel dengan nilai kritis = 1.66.. Karena dalam penelitian ini thitung lebih besar dari ttabel (3.81 ≥ 1.66), berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ?media authentic material efektif dalam pembelajaran meishi bahasa Jepang pada siswa kelas X SMK 2 Kabupaten Tangerang. Dan berdasarkan hasil angket media
authentic material menarik dan sangat menyenangkan, meningkatkan dan mempermudah siswa dalam mempelajari meishi bahasa Jepang sehingga kendala siswa dalam mengingat meishi bahasa Jepang dapat lebih diatasi.