OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S022-00009
Judul : Pengaruh model pembelajaran aktif tipe time token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN Kebon Bawang 06 Pagi Jakarta Utara
Pengarang : Arif Apriansyah
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek : Pengaruh belajar Model Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S022-00009 S022-00009 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58706
 Abstrak
ABSTRAK ARIF APRIANSYAH. NIM : 0701045025. ?Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Kebon Bawang 06 Pagi?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif tipe time token terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Kebon Bawang 06 Pagi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peminatan siswa terhadap pelajaran IPS sangat kurang sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan. Berdasarkan hal tersebut maka saya tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Kebon Bawang 06 Pagi terletak di Jalan Swasembada Barat II No. 2 Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pada semester I Tahun Ajaran 2011/2012 Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A dan kelas V B yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian meliputi 60 siswa kelas V di SDN Kebon Bawang 06 Pagi Jakarta Utara. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Data yang diteliti yaitu Model Pembelajaran Aktif Tipe Time Token sebagai variabel x dan Hasil Belajar IPS sebagai variabel y. Instrumen penelitian tersebut berupa soal pilihan ganda, dengan jumlah soal sebanyak 30. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi biserial. dengan n = 28 pada taraf signifikan 0,05% yaitu 0,374 dan didapat 21 soal yang valid dan 9 soal yang tidak valid. Dari soal-soal yang valid kemudian dilanjutkan dengan perhitungan reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh hasil reliabilitas yaitu 0,945 yang menunjukkan bahwa instrument tersebut reliabel dan dapat digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji t yaitu dengan rumus t-test, pada taraf signifikan 0,05% dan derajat kebebasan (dk) = 58. Uji analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel yakni thitung = 7,04 dan ttabel 2,002 ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi ada pengaruh model pembelajaran tipe time token terhadap hasil belajar IPS diterima.. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran tipe time token terhadap hasil belajar IPS
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox