Abstrak
ABSTRAK
JUMALIAH: 0701045119. ?Hubungan Antara Disiplin Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Di SDN Penjaringan 07 Pagi Jakarta Utara?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta. 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS.
Penelitian ini dilakukan di SDN penjaringan 07 Pagi Jakarta Utara Kelas IV Semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel peneliti meliputi 30 siswa kelas di SDN penjaringan 07 Jakarta Utara yang diambil dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS. Instrumen penelitian berupa angket dengan pilihan jawan SL,SR, KD, P, TP dan lembarar soal pertanyaan dengan pilihan jawaban ,a, b, c, dan d untuk masing-masing variabel X dan Y 30 pertanyaan .
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS di SDN Penjaringan 07 Pagi Jakarta Utara. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,536 < ttabel = 2,048 pada α = 0,05 dan dk = 28. Ternyata thitung = 4,536 < ttabel = 2,048.
Dengan demikian hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPS di SDN penjaringan 07 pagi Jakarta Utara.