Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk menemukan apakah lagu Inggris popular dan film adalah media yang efektif dalam meningkatkan dan memperbaiki cara pelafalan siswa. Dalam tesis ini juga diteliti mana yang menunjukkan efek yang lebih baik pada pelafalan siswa dengan menggunakan dua media tersebut. Subyek dalam penelitian melibatkan 62 siswa dari kelas 8 di MTsN 3 Pondok Pinang Jakarta Selatan yang dibagi menjadi 2 kelompok. 31 siswa pada kelas 8-2 mendapatkan Film berbahasa Inggris sedangkan 31 siswa di kelas 8-3 mendapatkan lagu-lagu bahasa Inggris popular.
Data diambil dari hasil penelitian terhadap ketepatan siswa dalam melafalkan kata-kata dalam sebuah teks singkat sederhana dan juga pemahaman soal-soal yang berkaitan dengan teks tersebut pada tes awal dan akhir di masingmasing kelas eksperimen. Semua siswa di kedua kelas eksperimen tersebut diminta untuk membaca sebuah teks singkat sederhana. Selama siswa membaca teks tersebut, peneliti merekam suara mereka untuk dianalisa pelafalannya. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa yang mendapatkan lagu-lagu berbahasa Inggris populer dan film-film berbahasa Inggris menunjukkan kemajuan pada pelafalannya. Hal ini dibuktikan dengan skor yang mereka dapatkan ketika tes akhir setelah latihan, lebih tinggi dengan tes awal sebelum pelatihan. Ini menunjukkan bahwa kedua teknik tersebut ?efektif? dalam meningkatkan pelafalan siswa. Namun jika dibedakan, siswa yang mendapatkan lagu-lagu bahasa Inggris popular menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan film-film berbahasa Inggris. Sebagai kesimpulannya, disarankan untuk para guru untuk lebih memperhatikan dan melatih cara pelafalan siswa agar membiasakan mereka mengetahui pelafalan yang benar. Lagu-lagu popular berbahasa Inggris dan film-film berbahasa Inggris bisa dijadikan salah satu media dalam meningkatkan pelafalan siswa karena selain mereka dapat meningkatkan pelafalan mereka, mereka juga terhibur dengan lagu-lagu dan film-film yang mereka suka.