OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : T094-00051
Judul : The Effect Of Explicit And Implicit Grammar Instruction On Students? Ability To Use The Taught Grammar In Writing A Hortatory Exposition Text: A Study Of 11th Grade Students Of Senior Secondary School 8 Bogor In The Academic Year 2012-2013
Pengarang : Supeni
Penerbit dan Distribusi : UHAMKA
Subjek :
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi : Limau
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
T094-00051 T094-00051 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58346
 Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pengaruh pembelajaran grammar yang dilakukuan secara eksplisit dan implicit pada kemampuan siswa untuk menggunakan grammar yang diajarkan dalam memulis wacana eksposisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Bogor. Dua kelompok siswa diperlakukan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Kelompok eksperimen yang terdiri dari 40 siswa diberi pembelajaran grammar secara eksplisit, sedangkan kelompok pembanding yang juga terdiri dari 40 siswa diberi perlakuan pembelajaran grammar secara implicit. Pendekatan penelitian kualitatif dan program SPSS digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data. Hasil analisis statistic menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan pembelajaran grammar secara eksplisit mencapai kemampuan lebih baik dalam menggunakan grammar yang diajarkan untuk menulis wacana eksposisi. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang mereka peroleh sebelum mendapat perlakuan yaitu 44.75 meningkat secara signifikan menjadi 71.00. Sedangkan rata-rata nilai kelompok siswa yang diberi perlakuan pembejaran grammar secara implicit adalah 47.00 sebelum mendapat perlakuan dan 50.50 setelah mendapat perlakuan. Ini menunjukkan bahwa untuk siswa Indonesia yang belajar ddi kelas regular, pembelajaran grammar secara eksplisit lebih efektif disbanding pembelajaran grammar secara implicit untuk membuat siswa memahami bagaimana menggunakan grammar dalam tulisan mereka. Sehubungan dengan penemuan penelitian di atas, pembelajaran grammar secara eksplisit sebaiknya dipertimbangkan untuk disisipkan pada kurikulum Bahasa Inggris terutama kurikulum Bahasa Inggris di Sekolah Menangah Atas.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox