OPAC
Perpustakaan
Integrity, Trust, Compassion
 Deskripsi Lengkap
 Kembali
No. Panggil : S011-00630
Judul : Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA KI Hajar Dewantoro Pinang Tangerang
Pengarang : Muhamad Alfin Hidayatullah
Penerbit dan Distribusi : FKIP
Subjek : MENULIS CERPEN
Jenis Bahan : {007/00}
Lokasi :
 
  • Ketersediaan
  • File Digital: 1
  • Ulasan Anggota
  • Sampul
  • Abstrak
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
S011-00630 S011-00630 TERSEDIA
Ulasan Anggota:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 58137
 Abstrak
ABSTRAK MUHAMAD ALFIN HIDAYATULLAH. NIM : 0801057025. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Pinang Tangerang. Skripsi: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, September 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Ada pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Ki Hajar Dewantoro Pinang Tangerang tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang terdiri dari kelas X-1 sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-2 sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol, dari 58 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes menulis cerpen. Teknik analisis data dengan uji-t, pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persayaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,082 < 0,173 Ltabel. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,119 < 0,173 = Ltabel. Karena Lhitung < Ltabel, berarti H0 diterima dan simpulannya adalah sampel yang dugunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Fhitung = 0,6792 < 1,955 = Ftabel maka H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas homogen setelah diberikan perlakuan. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi α = 0,05, dan derejat kebebasan (dk) = 50 diperoleh harga thitung = 3,270 > 2,009 = ttabel. Karena thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa, ada pengaruh metode resitasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa.
|| Pengguna : Perpustakaan || Tampilan terbaik dengan  Firefox